Santosa, Lira Anggraeni (2025) Penerapan pembelajaran modeling instruction berbantuan aplikasi Edlink untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasi dan Curiosity peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
01 - Cover.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02 - Abstrak.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
04 - Daftar Isi.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
05 - BAB I.pdf Download (605kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
06 - BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
07 - BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (615kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
08 - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (931kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
09 - BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10 - Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11 - Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Kemampuan berpikir komputasi dan curiosity peserta didik merupakan salah satu kunci dalam proses pembelajaran matematika, namun seringkali kurang optimal dalam pembelajaran konvesional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan pembelajaran modeling instruction berbantuan aplikasi edlink dalam meningkatkan kedua aspek tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dan sampel penelitian ini yaitu kelas XI-MIPA SMA Karya Budi Cileunyi sebanyak dua kelas. Instrumen yang digunakan pada penelitian yaitu instrumen tes berupa soal uraian sebanyak lima soal dan instrumen non tes berupa lembar observasi dan lembar angket skala sikap sebanyak tiga puluh pernyataan. Hasil analisis data penelitian diperoleh; sintak pembelajaran modeling instruction berbantuan EdLink berdasarkan lembar observasi guru memperoleh hasil yang baik, sementara lembar observasi peserta didik menunjukkan hasil yang cukup, serta peningkatan kemampuan berpikir komputasi dan curiosity peserta didik dengan pembelajaran modeling instruction berbantuan aplikasi edlink tidak lebih baik dibandingkan dengan peserta didik dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti menyarankan adanya perbaikan dalam pelaksanaan pembelajaran modeling instruction berbantuan aplikasi edlink.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modeling Instruction; EdLink; Berpikir Komputasi; Curiosity |
Subjects: | Mathematics Geometry > Trigonometry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lira Anggraeni Santosa |
Date Deposited: | 24 Jan 2025 07:07 |
Last Modified: | 24 Jan 2025 07:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103793 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |