Penerapan pembelajaran modeling instruction berbantuan aplikasi Edlink untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasi dan Curiosity peserta didik

Santosa, Lira Anggraeni (2025) Penerapan pembelajaran modeling instruction berbantuan aplikasi Edlink untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasi dan Curiosity peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
01 - Cover.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 - Abstrak.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
04 - Daftar Isi.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
05 - BAB I.pdf

Download (605kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
06 - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
07 - BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[img] Text (BAB IV)
08 - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB)
[img] Text (BAB V)
09 - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10 - Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11 - Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Kemampuan berpikir komputasi dan curiosity peserta didik merupakan salah satu kunci dalam proses pembelajaran matematika, namun seringkali kurang optimal dalam pembelajaran konvesional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan pembelajaran modeling instruction berbantuan aplikasi edlink dalam meningkatkan kedua aspek tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dan sampel penelitian ini yaitu kelas XI-MIPA SMA Karya Budi Cileunyi sebanyak dua kelas. Instrumen yang digunakan pada penelitian yaitu instrumen tes berupa soal uraian sebanyak lima soal dan instrumen non tes berupa lembar observasi dan lembar angket skala sikap sebanyak tiga puluh pernyataan. Hasil analisis data penelitian diperoleh; sintak pembelajaran modeling instruction berbantuan EdLink berdasarkan lembar observasi guru memperoleh hasil yang baik, sementara lembar observasi peserta didik menunjukkan hasil yang cukup, serta peningkatan kemampuan berpikir komputasi dan curiosity peserta didik dengan pembelajaran modeling instruction berbantuan aplikasi edlink tidak lebih baik dibandingkan dengan peserta didik dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti menyarankan adanya perbaikan dalam pelaksanaan pembelajaran modeling instruction berbantuan aplikasi edlink.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Modeling Instruction; EdLink; Berpikir Komputasi; Curiosity
Subjects: Mathematics
Geometry > Trigonometry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Lira Anggraeni Santosa
Date Deposited: 24 Jan 2025 07:07
Last Modified: 24 Jan 2025 07:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103793

Actions (login required)

View Item View Item