Penerapan strategi pembelajaran Scaffolding untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas XI IPS 1 dan 2 di SMA Karya Budi Cileunyi Kabupaten Bandung

Nurhalimah, Leny (2025) Penerapan strategi pembelajaran Scaffolding untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas XI IPS 1 dan 2 di SMA Karya Budi Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya daya serap siswa dalam materi PAI yang mana berpengaruh kepada hasil belajar yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang disebabkan oleh beberapa faktor, seperti penggunaan metode yang kurang tepat. Karena penggunaan strategi pembelajaran berperan penting dalam upaya untuk mencapai hasil belajar yang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) penerapan strategi pembelajaran Scaffolding untuk meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI, (2) mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Karya Budi Cileunyi Kabupaten Bandung, (3) pengaruh penerapan strategi pembelajaran Scaffolding terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Karya Budi Cileunyi Kabupaten Bandung. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajarai PAI dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya penerapan strategi pembelajaran yang tepat. Diantara strategi pembelajaran itu adalah strategi pembelajaran scaffolding. Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah penerapan strategi scaffolding diduga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan model penelitian yang di gunakan pada pendekatan kuantitatif ini menggunakan metode eksperimen. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah dengan cara observasi, tes, wawancara, dan studi dokumentasi. Kemudian untuk teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Penerapan strategi pembelajaran scaffolding pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi perilaku taat, kompetensi dalam kebaikan, dan etos kerja kelas XI IPS di SMA Karya Budi Cileunyi terlaksana dengan sangat baik dengan adanya peningkatan dari nilai pretest dengan rata-rata 60,14 dan hasil post-test mencapai rata-rata 81,89 dikelas eksperimen yang diberi perlakuan atau treatment. (2) Peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan strategi pembelajaran scaffolding pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi perilaku taat, kompetensi dalam kebaikan, dan etos kerja di kelas XI IPS SMA Karya Budi Cileunyi termasuk dalam kategori sedang dengan skor N-gain rata-rata kelas eksperimen yaitu 0,5353. (3) Pengaruh penerapan strategi pembelajaran scaffolding terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI terhadap siswa kelas XI IPS SMA Karya Budi Cileunyi Kabupaten Bandung dapat dibuktikan dengan taraf signifikansi 5% melalui uji independent sample t-test yang diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 artinya hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Scaffolding; Hasil Belajar; Strategi
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Leny Nurhalimah
Date Deposited: 25 Feb 2025 02:12
Last Modified: 25 Feb 2025 02:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/104723

Actions (login required)

View Item View Item