Nurhalimah, Leny (2025) Penerapan strategi pembelajaran Scaffolding untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas XI IPS 1 dan 2 di SMA Karya Budi Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (231kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (618kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya daya serap siswa dalam materi PAI yang mana berpengaruh kepada hasil belajar yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang disebabkan oleh beberapa faktor, seperti penggunaan metode yang kurang tepat. Karena penggunaan strategi pembelajaran berperan penting dalam upaya untuk mencapai hasil belajar yang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) penerapan strategi pembelajaran Scaffolding untuk meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI, (2) mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Karya Budi Cileunyi Kabupaten Bandung, (3) pengaruh penerapan strategi pembelajaran Scaffolding terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Karya Budi Cileunyi Kabupaten Bandung. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajarai PAI dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya penerapan strategi pembelajaran yang tepat. Diantara strategi pembelajaran itu adalah strategi pembelajaran scaffolding. Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah penerapan strategi scaffolding diduga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan model penelitian yang di gunakan pada pendekatan kuantitatif ini menggunakan metode eksperimen. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah dengan cara observasi, tes, wawancara, dan studi dokumentasi. Kemudian untuk teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Penerapan strategi pembelajaran scaffolding pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi perilaku taat, kompetensi dalam kebaikan, dan etos kerja kelas XI IPS di SMA Karya Budi Cileunyi terlaksana dengan sangat baik dengan adanya peningkatan dari nilai pretest dengan rata-rata 60,14 dan hasil post-test mencapai rata-rata 81,89 dikelas eksperimen yang diberi perlakuan atau treatment. (2) Peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan strategi pembelajaran scaffolding pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi perilaku taat, kompetensi dalam kebaikan, dan etos kerja di kelas XI IPS SMA Karya Budi Cileunyi termasuk dalam kategori sedang dengan skor N-gain rata-rata kelas eksperimen yaitu 0,5353. (3) Pengaruh penerapan strategi pembelajaran scaffolding terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI terhadap siswa kelas XI IPS SMA Karya Budi Cileunyi Kabupaten Bandung dapat dibuktikan dengan taraf signifikansi 5% melalui uji independent sample t-test yang diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 artinya hipotesis diterima.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Scaffolding; Hasil Belajar; Strategi |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Leny Nurhalimah |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 02:12 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 02:12 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/104723 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |