Putra, Jazmi Zulhilmi (2024) Manajemen pemasaran lembaga pendidikan Islam di Pesantren Modern Darul Ilmi Indonesia. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_ cover.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ abstrak.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_ daftarisi.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_ bab 1.pdf Download (408kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_ bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_ bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (46kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_ bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (952kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
8_ bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_ daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_ lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Globalisasi pendidikan Islam telah mengubah cara pendidikan Islam disampaikan dan diakses di seluruh dunia. Ini membuka kesempatan besar bagi siswa dan guru Islam untuk terhubung, berbagai pengetahuan, dan memperluas pemahaman agama mereka di seluruh dunia. Tapi masalah seperti mempertahankan identitas, menyebarkan kesalahpahaman, dan dampak budaya asing masih menjadi masalah. Oleh karena itu, karena globalisasi berkembang dengan cepat, kualitas hidup yang lebih baik dan daya saing manusia menjadi lebih penting. Yang menjadi isu krusial dalam dunia Pendidikan saat ini adalah Pesantren. Menjadi sebuah pertanyaan yang berulang apakah pesantren dapat mengikuti perkembangan global saat ini, meski hadirnya sebuah Lembaga Pendidikan Islam yang diberikan stemple “Modern”. Tentunya menjadikannya seluruh tenaga pendidik khsuusnya pesantren berfikir ulang cara mempromosikan lembaga agar bisa dapat mencapai keberhasilan yang bersaing pada situasi persaingan yang lebih baik. Seluruh cara efektif dan efisien tergantung corak pasar yang dibidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentfikasi dan memperoleh gambaran tentang faktor-faktor Manajemen Pemasaran lemabaga Pendidikan Islam (Pesantren), yang diimplentasikan pada Pesantren Modern Darul Ilmi Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan teori Business School 7P Marketing Mix, digunakan untuk membentuk prosedur penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Premi dan program/produk yang ditawarkan belum optimal peyajian prospeketus dan harga/biaya. Keunggulan akademik dan akademinisi, memadai serta promosi belum memadai dan juga belum memanfaatkan maksimal pada ketokohan. Penilitian ini merekomendasikan bahwa setelah melihat kenyataan tersebut Pesantren Modern Darul Ilmi Indoensia dalam menawarkan jasanya pada calon santri, perlu mempertimbangkan penawaran berbasis pada superior value (nilai keunggulan). Dikarenakan marketing pendidikan merupakan marketing bidang jasa yang sangat berbeda dengan marketing barang. Pondok pesantren modern seharusnya tidak lagi membatasi pangsa pasarnya pada konsumen yang antusias saja, namun memperluasnya juga kepada konsumen potensial.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pemasaran; Pesantren |
Subjects: | Education, Research Education and Research of History |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Jazmi Zulhilmi Putra |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 02:42 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 02:42 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/104786 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |