Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe round robin untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas 5 MI Al-Misbah Kota Bandung: Penelitian tindakan kelas

Rifa'i, M. Wildan (2025) Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe round robin untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas 5 MI Al-Misbah Kota Bandung: Penelitian tindakan kelas. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
Keterangan-LULUS-Cek-Plagiasi-M. Wildan Rifa'i.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (353kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka (4).pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Robin Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas 5 Mi Al-Misbah Kota Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa sering kali menjadi tantangan utama dalam dunia pendidikan, terutama ketika metode pembelajaran yang digunakan kurang menarik dan tidak melibatkan siswa secara aktif. Hal ini dialami oleh siswa kelas V MI Al-Misbah Kota Bandung, di mana mayoritas siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Pembelajaran yang didominasi metode ceramah membuat siswa kurang termotivasi dan cenderung pasif dalam memahami materi. Dalam konteks ini, model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin menjadi solusi yang diharapkan mampu menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan, melibatkan seluruh siswa secara adil, dan mendorong interaksi serta kolaborasi dalam diskusi kelompok. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif untuk mengevaluasi efektivitas model pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Round Robin secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Rata-rata nilai siswa mengalami peningkatan yang konsisten pada setiap siklus, dan aktivitas siswa dalam pembelajaran menjadi lebih aktif serta kooperatif. Hasil belajar peserta didik sebelum penerapan model pemelajaran kooperatif tipe round robin diperoleh nilai rata-rata 60,17 dengan ketuntasan klasikal 20,68% termasuk kategori sangat kurang. Adapun Hasil belajar peserta didik setelah penerapan model pemelajaran kooperatif tipe round robin pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 64,82 dengan ketuntasan klasikal 34,48 %. Adapun pada siklus II mengalami peningkatan dengan diperoleh nilai rata-rata 70 dengan ketuntasan klasikal 51 % termasuk dalam kategori kurang. Pada Siklus III mengalami peningkatan dengan diperoleh nilai rata-rata 75,86 dengan ketuntasan klasikal 79% termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan ketuntasan klasikal secara keseluruhan peneliti sudah mencapai ≥70% dari jumlah peserta didik yang mencapai KKM yakni sebesar 79% dengan kategori baik. Dengan demikian menujukan bahwa hasil belajar peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe round robin mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Round Robin; hasil belajar; Akidah Akhlak; Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Wildan M.Wildan Rifa'i Wahyu Familly
Date Deposited: 25 Apr 2025 07:28
Last Modified: 25 Apr 2025 07:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/105566

Actions (login required)

View Item View Item