Pengaruh model Reciprocal Teaching berbantu media interaktif ThingLink terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi ekosistem

Pauziah, Anisa Sofa Safira (2024) Pengaruh model Reciprocal Teaching berbantu media interaktif ThingLink terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari keslitan peserta didik dalam memahami materi ekosistem yang kompleks. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantu media interaktif Thinglink terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi ekosistem. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan desain non-equivalent pretest- posttest control group, di mana sampel dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran sebesar 100% pada kinerja guru dan 95,3% pada aktivitas peserta didik. Peningkatan kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen dan kontrol menghasilkan N-Gain masing-masing 0,77 (tinggi) dan 0,63 (sedang), dengan nilai uji t sebesar 0,001 < 0,05. Effect Size sebesar 0,81 menunjukkan pengaruh besar. Respon peserta didik terhadap pembelajaran berkategori baik dengan persentase 76,8%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantu Thinglink berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ekosistem; ThingLink; Berpikir Kritis
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Anisa Sofa Safira
Date Deposited: 11 Mar 2025 07:46
Last Modified: 11 Mar 2025 07:46
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/105586

Actions (login required)

View Item View Item