Pauziah, Anisa Sofa Safira (2024) Pengaruh model Reciprocal Teaching berbantu media interaktif ThingLink terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (515kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari keslitan peserta didik dalam memahami materi ekosistem yang kompleks. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantu media interaktif Thinglink terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi ekosistem. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan desain non-equivalent pretest- posttest control group, di mana sampel dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran sebesar 100% pada kinerja guru dan 95,3% pada aktivitas peserta didik. Peningkatan kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen dan kontrol menghasilkan N-Gain masing-masing 0,77 (tinggi) dan 0,63 (sedang), dengan nilai uji t sebesar 0,001 < 0,05. Effect Size sebesar 0,81 menunjukkan pengaruh besar. Respon peserta didik terhadap pembelajaran berkategori baik dengan persentase 76,8%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantu Thinglink berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi ekosistem.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekosistem; ThingLink; Berpikir Kritis |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Anisa Sofa Safira |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 07:46 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 07:46 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/105586 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |