Pengaruh penggunaan model Contextual Teaching Learning dan Project Based Learning terhadap aktivitas belajar serta hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian pada siswa kelas VIII di SMPN 46 Kota Bandung

Mahmudin, Anur (2025) Pengaruh penggunaan model Contextual Teaching Learning dan Project Based Learning terhadap aktivitas belajar serta hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian pada siswa kelas VIII di SMPN 46 Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (526kB) | Preview
[img] Text (SURAT PERNYATAAN SENDIRI)
3_suratperyataansendiri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (490kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (877kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: 1) Rendahnya aktivitas siswa saat belajar dan cenderung pasif. 2) Masih banyak siswa yang mendapatkan hasil belajar kognitif di bawah kriteria ketuntasan minimal. Berdasarkan uraian di atas, peneliti mengajukan pendapat bahwa penggunaan model pembelajaran contextual teaching learning dan project based learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kogitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran contextual teaching learning. 2) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran project based learning. 3) Meningkatkan aktivitas belajar siswa saat diterapkannya model pembelajaran contextual teaching learning dan project based learning. 4) Mendeskripsikan hasil belajar kognitif siswa saat diterapkannya model pembelajaran contextual teaching learning di kelas VIII A dan project based learning di kelas VIII B pada mata pelajaran PAI di SMPN 46 Kota Bandung dalam materi beriman kepada Nabi dan Rasul Allah Swt. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa aktivitas belajar siswa dan hasil belajar kognitif dapat ditingkatkan dengan model pembelajaran contextual teaching learning dan project based learning. Penggunaan model pembelajaran contextual teaching learning dimana guru harus mengkaitkan materi dengan kehidupan nyata siswa. Model pembelajaran project based learning guru menyelesaikan masalah siswa berbasis proyek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen tanpa kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui teknik tes tertulis, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data melalui statistik deskriptif, uji independent samples t test, dan N-Gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penggunaan model pembelajaran contextual teaching learning di kelas VIII A dilaksanakan dua kali pertemuan dan terlaksana dengan baik berdasarkan hasil observasi pembelajaran sebesar 91,21%. 2) Penggunaan model pembelajaran project based learning di kelas VIII B dilaksanakan dua kali pertemuan dan terlaksana dengan baik berdasarkan hasil observasi pembelajaran sebesar 92,69%. 3) Aktivitas belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran contextual teaching learning pada kelas VIII A berada pada kategori baik, berdasarkan hasil observasi aktivitas belajar siswa sebesar 76,94. Aktivitas belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran project based learning pada kelas VIII B berada pada kategori sangat baik, berdasarkan hasil observasi aktivitas belajar siswa sebesar 80,88. 4) Peningkatan hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching learning pada kelas VIII A berada pada kategori rendah, berdasarkan hasil hitungan N-Gain sebesar 0,14. Peningkatan hasil belajar kognitif siswa dengan penggunaan model pembelajaran project based learning pada kelas VIII B berada pada kategori sedang, berdasarkan hasil hitungan N-Gain sebesar 0,31.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching Learning; Project Based Learning;Aktivitas Belajar; Hasil Belajar Kognitif
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
General Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anur Mahmudin
Date Deposited: 14 Mar 2025 01:45
Last Modified: 14 Mar 2025 01:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/105689

Actions (login required)

View Item View Item