Solekhan, Farhan (2013) Penerapan model pembelajaran ADI (Argument Drivent Inquiry) pada konsep larutan penyangga: Penelitian kelas terhadap siswa kelas XI SMKN 2 Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf Download (222kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) |
||
Text (BAB III)
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) |
||
Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) |
||
Text (BAB V)
8_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
Abstract
Konsep Larutan penyangga merupakan salah satu konsep yang dapat dikembangkan melalui metode praktikum. Oleh sebab itu, diperlukan adanya model pembelajaran yang bisa membantu meningkatkan kemampuan belajar dan kecakapan praktikum siswa. Model pembelajaran ADI dapat membantu siswa belajar dari pengalaman sekaligus dapat meningkatkan kecakapan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas siswa kelas XI SMKN 2 Garut pada penerapan model pembelajaran ADI pada konsep larutan penyangga, mengukur kemampuan siswa menyelesaikan LKS untuk setiap tahapan ADI, mengukur hasil belajar siswa setelah penerapan ADI pada konsep larutan penyangga, menganalisis tanggapan atau respon siswa kelas XI SMKN 2 Garut terhadap model pembelajaran. Berdasarkan tujuan tersebut, metode yang digunakan adalah metode penelitian kelas. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR 3 SMKN 2 Garut sebanyak 30 siswa. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskripsi pembelajaran, Lembar Kerja Siswa (LKS), tes pengetahuan awal, format observasi, format kinerja, format peer-review, format argument tentative, format adu argumen, dan angket. Perolehan data kuantitatif diolah secara statistik dan perolehan data kualitatif diolah secara deskriptif. Kemampuan siswa menyelesaikan LKS setiap tahapan ADI menunjukkan hasil yang baik. Nilai rata-rata setiap tahapan ADI menunjukkan bahwa pada tahap identifikasi tugas dan pertanyaan inkuiri sebesar 81, tahap menggeneralisasi data sebesar 86, tahap membuat argument tentative sebesar 86, tahap adu argumen sebesar 72, tahap membuat laporan sebesar 80, tahap peer-review sebesar 82 dan tahap revisi laporan sebesar 84. Perolehan rata-rata kemampuan siswa pada konsep larutan penyangga sebesar 81, dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siswa setelah penerapan Model pembelajaran ADI menunjukkan nilai rata-rata 86 dengan katagori sangat baik. Tanggapan atau respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran ADI pada konsep larutan penyangga menunjukan bahwa 66,7% siswa setuju pembelajaran ADI dapat meningkatkan kemampuan menulis, keterampilan menulis dan pembelajaran bermakna dan menerik pada meteri larutan penyangga.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Siswa Hasil Belajar; Aktifitas Siswa; Larutan Penyangga; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 31 Mar 2016 02:16 |
Last Modified: | 19 Jul 2019 03:33 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/1060 |
Actions (login required)
View Item |