Pengaruh manajemen pemasaran berbasis media sosial instagram terhadap keputusan peserta didik dalam memilih sekolah: Penelitian di Sekolah Menengah Atas Kota Bandung Wilayah Timur

Sutrisno, Sutrisno (2025) Pengaruh manajemen pemasaran berbasis media sosial instagram terhadap keputusan peserta didik dalam memilih sekolah: Penelitian di Sekolah Menengah Atas Kota Bandung Wilayah Timur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarisme (4).pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (474kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya manajemen pemasaran media sosial berbasis instagram, diduga bahwa manjemen pemasaran yang baik dapat mempengaruhi keputusan peserta didik dalam memilih sekolah dalam konteks teori pemasaran media sosial, khususnya instagram dianggap sebagai saluran yag efektif untuk membangun hubungan dengan konsumen potensial melalui komunikasi dua arah yang interaktif. Pesan yang disampaikan dapat mempengaruhi keputusan memilih, sehingga sekolah dapat memanfaatkannya untuk memperkenalkan diri, dan mempengaruhi keputusan calon peserta didik dalam memilih sekolah. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) manajemen pemasaran berbasis sosial media instagram, 2) keputusan peserta didik dalam memilih sekolah, 3) pengaruh manajemen pemasaran berbasis sosial media instagram terhadap keputusan peserta didik dalam memilih sekolah di SMAN Kota Bandung wilayah Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket/kuisioner dengan jumlah responden 30 orang. Analisis data yang digunakan adalah dengan 1) analisis statistik deskriptif, 2) uji instrumen, 3) uji asumsi klasik dan 4) uji hipotesis. Penelitian ini berfokus pada aspek manajemen pemasaran berbasis media sosial instagram dan keputusan peserta didik dalam memilih skolah di Kota Bandung wilayah Timur. Hasil Penelitian menunjukan bahwa manajemen pemasaran berbasis media sosial instagram yang diukur berdasarkan empat indikator yaitu Content Creation,Content Sharing, Communication dan Community Building berada pada kategori “Cukup” dengan memperoleh rata rata 3,05. Sedangkan keputusan peserta didik dalam memilih, yang dinilai melalui lima indikator yaitu Problem Recognition, Information Search, Evaluation Of Alternatives, Purchase Decision, dan Post-Purchase Behavior, berada pada kategori “Cukup” dengan memperoleh rata rata 3,06. Hasil analisis juga mengungkapkan bahwa adanya pengaruh dari manajemen pemasaran berbasis media sosial instagram terhadap keputusan peserta didik dalam memilih sekolah di SMAN Kota Bandung wilayah Timur, sebesar 11,1%. Implikasi dari temuan ini menunjukan bahwa manajemen pemasaran berbasis media sosial instagram adalah terdapat kepastian dan kecenderungan bahwa perbaikan dalam manajemen pemasaran memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan peserta didik dalam memilih sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pemasaran; Keputusan Memilih; Peserta Didik; Sekolah
Subjects: General Management > Sales Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sutrisno Sutrisno
Date Deposited: 09 Apr 2025 03:19
Last Modified: 09 Apr 2025 03:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106089

Actions (login required)

View Item View Item