Komunikasi sains siswa menggunakan model pembelajaran PjBL ETNO-STREAM (Science, Technology, Religion, Engineering, Arts, Mathematic) pada pembuatan kecap khas Majalengka Jawa Barat

Rafsanzany, Khatamy Murteza (2024) Komunikasi sains siswa menggunakan model pembelajaran PjBL ETNO-STREAM (Science, Technology, Religion, Engineering, Arts, Mathematic) pada pembuatan kecap khas Majalengka Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
Lembar Originalitas_Khatamy Murteza R (1202060041) (1).pdf

Download (771kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (765kB)

Abstract

Keterampilan komunikasi sains merupakan salah satu keterampilan yang penting di abad 21 dan merupakan bagian dari 6C.Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan komunikasi sains siswa menggunakan model Etno-STREAM dalam pembuatan kecap khas lokal Majalengka pada materi bioteknologi. Penelitian di salah satu sekolah SMA di Majalengka, Jawa Barat. Metode Quasi Eksperiment dengan desain The Statistic-Group Pretest-Posttest. Teknik probability sampling, dengan sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, masing-masing dengan 32 siswa. Instrumen berupa tes uraian dengan indikator komunikasi sains. Analisis data menggunakan Uji T Independen (Uji T). Hasil penelitian terdapat adanya perbedaan yang signifikan dalam kemampuan komunikasi sains siswa, dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulannya, pembelajaran sains perlu dikembangkan lebih lanjut di SMA untuk meningkatkan keterampilan abad 21 dengan memanfaatkan pengetahuan lokal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bioteknologi; Etno-STREAM; Komunikasi Sains; Kecap khas Majalengka
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Khatamy Khatamy Khatamy
Date Deposited: 25 Apr 2025 02:55
Last Modified: 25 Apr 2025 02:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106612

Actions (login required)

View Item View Item