Fakharoenvissa, Luthfi Hanif (2025) Pembentukan citra mahasiswa pada media sosial Instagram di lingkungan akademik : Penelitian pada mahasiswa angkatan 2021 Fisip UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER .pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
HALAMAN BEBAS PLAGIASI (1).pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (88kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (940kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (43kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (995kB) | Request a copy |
Abstract
Media sosial, khususnya Instagram, menjadi sarana utama bagi mahasiswa dalam membentuk citra diri di lingkungan akademik. Penelitian ini berfokus pada mahasiswa angkatan 2021 FISIP UIN Sunan Gunung Djati Bandung untuk memahami faktor yang membentuk pembentukan citra diri mereka di Instagram serta bagaimana teori dramaturgi Erving Goffman menjelaskan fenomena ini. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang membentuk pembentukan citra diri mahasiswa di Instagram serta bagaimana pendekatan dramaturgi tercermin dalam aktivitas mereka di platform tersebut. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk melihat bagaimana norma-norma yang berlaku di lingkungan akademik membentuk cara mahasiswa membangun citra mereka di dunia digital Kerangka berpikir dalam penelitian ini mengacu pada teori dramaturgi Erving Goffman, yang membagi interaksi sosial menjadi dua aspek utama: front stage dan back stage. Mahasiswa sebagai aktor dalam dunia digital berupaya menampilkan citra diri tertentu di Instagram sebagai bagian dari strategi mereka dalam mengelola kesan yang diterima oleh audiens. Dalam konteks akademik, citra yang ingin ditampilkan sering kali dipengaruhi oleh ekspektasi sosial dan nilai-nilai yang berlaku di lingkungan kampus, sehingga menciptakan keseimbangan antara identitas akademik dan personal yang ditunjukkan di media sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan 14 mahasiswa serta observasi terhadap unggahan mereka di Instagram. Analisis dilakukan dengan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan untuk memahami pola pembentukan citra diri mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa membentuk citra diri mereka di Instagram dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti ekspektasi akademik, komunitas sosial, serta tren digital yang berkembang. Strategi yang digunakan meliputi pemilihan konten yang sesuai dengan norma akademik, penggunaan fitur Instagram untuk mengontrol kesan yang ingin disampaikan, serta interaksi dengan komunitas kampus yang memperkuat identitas mereka sebagai mahasiswa. Temuan ini menegaskan bahwa Instagram tidak hanya berfungsi sebagai platform sosial, tetapi juga sebagai alat strategis dalam membangun citra diri mahasiswa di lingkungan akademik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Citra Diri; Instagram; Mahasiswa; Teori Dramaturgi |
Subjects: | Social Process Social Process > Social Norms Social Process > Public Opinion Education > Sociology of Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | Luthfi Hanif Fakharoenvissa |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 07:42 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 06:46 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106617 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |