Penggunaan metode tikrār berbasis media tebak gambar untuk meningkatkan kemampuan menghafal dalil naqli peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis: Penelitian kuasi eksperimen di kelas VII MTs Cijawura Kota Bandung

Siti, Toyibah (2025) Penggunaan metode tikrār berbasis media tebak gambar untuk meningkatkan kemampuan menghafal dalil naqli peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis: Penelitian kuasi eksperimen di kelas VII MTs Cijawura Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (341kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (941kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi literatur dan studi pendahuluan di MTs Cijawura Kota Bandung yang menemukan bahwa terdapat peserta didik yang mengalami kesulitan menghafal dalil naqli pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis akibat penggunaan metode dan media pembelajaran yang kurang relevan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis kemampuan menghafal dalil naqli peserta didik sebelum penggunaan metode tikrār berbasis media tebak gambar; (2) mengetahui penggunaan metode tikrār berbasis media tebak gambar; dan (3) menganalisis peningkatan kemampuan menghafal dalil naqli peserta didik setelah penggunaan metode tikrār berbasis media tebak gambar. Berdasarkan penelitian terdahulu yang menjelaskan bahwa penggunaan metode pembelajaran berbasis media yang relevan dengan materi dan kondisi lingkungan belajar dapat mengembangkan kemampuan peserta didik, maka konsep berpikir dan hipotesis dalam penelitian ini memproyeksikan bahwa metode tikrār berbasis media tebak gambar dapat meningkatkan kemampuan menghafal dalil naqli peserta didik secara signifikan. Penelitian ini mengaplikasikan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen melalui desain nonequivalent groups pretest-posttest control. Objek penelitian ini adalah 56 peserta didik kelas VII MTs Cijawura Kota Bandung dengan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Data dikumpulkan melalui tes lisan, wawancara, observasi, studi literatur, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS versi 26 melalui tahapan uji prasyarat, N-Gain, dan hipotesis. Uji Shapiro-Wilk digunakan untuk menganalisis normalitas data, Levene Test untuk menganalisis homogenitas data, sedangkan Independent T-Test serta Mann-Whitney U Test untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peserta didik memiliki kemampuan awal yang setara dalam menghafal dalil naqli dengan nilai sig. (2-tailed) = 0,298 > 0,05; (2) penggunaan metode tikrār berbasis media tebak gambar terlaksana sangat baik sesuai langkah pembelajaran dengan persentase 96,25%; (3) terdapat peningkatan kemampuan menghafal dalil naqli yang signifikan yaitu dengan nilai N-Gain kelas eksperimen (0,40) > kelas kontrol (-0,18). Hasil uji hipotesis juga menunjukkan nilai sig. (0,001) < α (0,05), H0, ditolak, artinya terdapat perbedaan signifikan antara peningkatan kemampuan menghafal dalil naqli pada kelompok eksperimen yang menggunakan metode tikrār berbasis media tebak gambar dibandingkan kelompok kontrol yang tidak menggunakannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Al-Qur'an Hadis; Kemampuan Menghafal; Metode Tikrār; Media Tebak Gambar
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Education > Research and Statistical Methods
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Toyibah
Date Deposited: 02 May 2025 01:42
Last Modified: 02 May 2025 01:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106965

Actions (login required)

View Item View Item