Pengaruh penerapan metode pembelajaran C3T (Cerdas, Cermat, Cepat, dan Tepat) terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadis : Penelitian quasi experiment pada siswa kelas VII MTs Ar-Rosyidiyah Bandung

Hidayatullah, Dede (2025) Pengaruh penerapan metode pembelajaran C3T (Cerdas, Cermat, Cepat, dan Tepat) terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadis : Penelitian quasi experiment pada siswa kelas VII MTs Ar-Rosyidiyah Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mengenai rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis pada siswa kelas VII MTs Ar-Rosyidiyah Bandung berdasarkan observasi awal yang ditunjukkan dengan rendahnya perhatian siswa terhadap penjelasan yang diberikan oleh guru. Untuk mengetahui pengaruh suatu metode pembelajaran terhadap minat belajar siswa, peneliti menggunakan metode pembelajaran C3T. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penerapan metode pembelajaran C3T pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VII MTs Ar-Rosyidiyah Bandung, (2) Perbedaan minat belajar siswa kelas VII MTs Ar-Rosyidiyah Bandung pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran C3T pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis, dan (3) Pengaruh metode pembelajaran C3T terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VII MTs Ar-Rosyidiyah Bandung. Metode C3T (Cerdas, Cermat, Cepat, dan Tepat) merupakan metode pembelajaran yang dikembangkan dari konsep lomba cerdas cermat yang diadaptasi menjadi metode pembelajaran di kelas. Metode pembelajaran C3T dikembangkan oleh Jasa Ungguh Muliawan dalam bukunya yang berjudul 45 Model Pembelajaran Spektakuler terbitan tahun 2016. Dengan metode C3T, siswa didorong untuk cerdas dalam memahami materi pembelajaran, cermat dalam menganalisis, cepat dalam berpikir, dan tepat dalam menjawab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian quasi experiment pada desain posttest-only quasi-experimental. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis dengan statistik non-parametrik menggunakan uji mann-whitney. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan metode pembelajaran C3T terlaksana dengan sangat baik dan mengalami peningkatan dari pertemuan pertama dengan skor 92% ke pertemuan kedua dengan skor 100% (2) Perbedaan minat belajar pada kelas eksperimen dengan rata-rata sebesar 81,07 yang termasuk kategori “sangat tinggi” dan kelas kontrol dengan rata-rata 74,56 yang termasuk kategori “tinggi”, dan (3) Hasil uji hipotesis dengan hasil uji hipotesis mann-whitney yaitu nilai signifikansi sebesar 0,032 < 0,05, menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat pengaruh pada penerapan metode pembelajaran C3T terhadap minat belajar siswa kelas VII MTs Ar-Rosyidiyah pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode C3T; Minat Belajar; Al-Qur’an Hadis
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dede Hidayatullah
Date Deposited: 08 May 2025 08:36
Last Modified: 08 May 2025 08:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/107097

Actions (login required)

View Item View Item