Nursyamsidawati, Dian (2025) Pengaruh metode Wafa dalam pembelajaran Al-Qur’an terhadap pemahaman Ilmu Tajwid dan kualitas bacaan sesuai Kaidah Tajwid serta Fashahah Makharijul Huruf : Penelitian di SMK Informatika Sumedang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_Cover.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
2_Abstrak.pdf Download (673kB) | Preview |
|
|
Text
3_SK Bebas Plagiasi.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
4_DAFTAR ISI.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
5_BAB I.pdf Download (991kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (759kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (565kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pemahaman tajwid memiliki peran yang begitu penting dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an, dari kualitas bacaan Al-Q ur’an ini dapat mencerminkan tingkat pemahaman seseorang terhadap ilmu tajwid, kefasihan dalam pengucapan, serta penghayatan terhadap makna ayat-ayat suci. Begitu juga yang terjadi di SMK Informatika Sumedang peneliti menemukan beberapa masalah yang berkaitan dengan kualitas bacaan Al-Qur’an dan pemahaman ilmu tajwid siswa yang sangat kurang diantaranya siswa masih belum fasih dan lancar dalam pelafalan makharijul huruf, dan belum sepenuhnya mengetahui terkait hukum-hukum ilmu tajwid. Dengan demikian peneliti menguji coba penerapan Metode Wafa dalam pembelajaran Al-Qur’an sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an sesuai dengan fashahah makharijul huruf serta meningkatkan pemahaman ilmu tajwid siswa. Teori pembelajaran yang menjadi dasar dalam penelitian ini adalah teori kontruktifisme dan pembelajaran otak kanan, yang menekankan bahwa proses belajar akan lebih efektif ketika peserta didik dilibatkan secara aktif, emosional, dan kreatif. Metode Wafa sebagai pendekatan pembelajaran AL- Qur’an yang berbasis otak kanan dinilai mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, serta merangsang memori dan pemahaman siswa melalui pendekatan multisensorik. Berdasarkan hasil penelitian sebelumnya, pendekatan ini terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas membaca Al- Qur’an dan pemahaman hukum-hukum tajwid secara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) keterlaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode Wafa di kelas X SMK Informatika Sumedang: 2) perbedaan pengaruh penggunaan metode Wafa dalam pembelajaran Al-Qur’an terhadap pemahaman ilmu tajwid di kelas X SMK Informatika Sumedang; 3) perbedaan pengaruh penggunaan metode Wafa dalam pembelajaran Al-Qur’an terhadap kualitas bacaan sesuai kaidah ilmu tajwid di kelas X SMK Informatika Sumedang; 4) perbedaan pengaruh penggunaan metode Wafa dalam pembelajaran Al-Qur’an terhadap kualitas bacaan sesuai Fashahah Makharijul Huruf di kelas X SMK Informatika Sumedang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian eksperimen, untuk jenis metodenya menggunakan quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X di SMK Informatikan Sumedang. Sampel yang digunakannya kelas X RPL 9 sebagai kelas eksperimen dan kelas X RPL 10 sebagai kelas kontrol Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: 1) Keterlaksanaan pembelajaran Al- Qur'an melalui Metode Wafa di SMK Informatika Sumedang meliputi strategi pembelajaran quantum teaching TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi dan Rayakan) dan evaluasi pembelajaran. 2) terdapat perbedaan pengaruh metode wafa terhadap pemahaman ilmu tajwid siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan olah data dengan statistic non parametric menggunakan Uji Mann Whitney U Test, terlihat bahwa nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000 nilai ini lebih kecil dari 0,05 yang berarti terdapat perbedaan pemahaman ilmu tajwid siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.3) terdapat perbedaan pengaruh metode wafa terhadap kualitas bacacaan Al-Qur’an siswa sesuai ilmu tajwid yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan olah data dengan statistic non parametric menggunakan Uji Mann Whitney U Test, terlihat bahwa nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000 nilai ini lebih kecil dari 0,05 yang berarti terdapat perbedaan kualitas bacaan Al-Qur’an siswa sesuai ilmu tajwid yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. 4) terdapat perbedaan pengaruh kualitas bacaan Al-Qur’an siswa sesuai fashahah makharijul huruf siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan olah data dengan statistic non parametric menggunakan Uji Mann Whitney U Test, terlihat bahwa nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000 nilai ini lebih kecil dari 0,05 yang berarti terdapat perbedaan kualias bacaan Al- Qur’an siswa sesuai fashahah makharijul huruf yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman tajwid; makharijul huruf; Metode Wafa; fashahah makharijul huruf |
Subjects: | Education Education > Research and Statistical Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dian Nursyamsidawati |
Date Deposited: | 14 May 2025 03:46 |
Last Modified: | 14 May 2025 03:46 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/107346 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |