Hasibuan, Ely Musripah (2025) Penerapan metode Reading Aloud berbantuan media cerita bergambar untuk meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia :Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas II SD Negeri 102 Cikudayasa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text (SURAT PERNYATAAN)
3_Surat Pernyataan.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_DAFTAR ISI.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_BAB I.pdf Download (262kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (42kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca nyaring siswa kelas II SD Negeri 102 Cikudayasa. Hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas menunjukkan bahwa dari 26 siswa (11 laki-laki dan 15 perempuan), banyak yang masih membaca dengan monoton, belum memperhatikan lafal, intonasi, jeda, ekspresi, dan tanda baca. Ada yang hanya mampu membaca dengan intonasi namun tidak memperhatikan tanda baca, ada pula yang mampu membaca sesuai tanda baca namun tidak percaya diri untuk tampil, bahkan sebagian lainnya belum mampu membaca sama sekali. Selain itu, metode dan media pembelajaran yang digunakan guru belum sesuai dengan kemampuan yang ingin dikembangkan, sehingga pembelajaran cenderung pasif dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca nyaring melalui penerapan metode reading aloud berbantuan media cerita bergambar. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Teknik pengumpulan data meliputi unjuk kerja, observasi, dan dokumentasi, dengan analisis data berupa nilai rata-rata, ketuntasan individu, ketuntasan klasikal, serta aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca nyaring siswa dalam setiap siklus. Pada pra-siklus, nilai rata-rata siswa hanya mencapai 49,03 dengan ketuntasan klasikal sebesar 26,92% karena masasih banyak siswa yang masih membaca secara monoton dan kurang ekspresif. Setelah tindakan dilakukan, hasil meningkat menjadi 59,93 dengan ketuntasan 53,84% pada siklus I, naik menjadi 68,26 dengan ketuntasan 69,32% pada siklus II, dan mencapai 74,67 dengan ketuntasan 80,76% pada siklus III. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran reading aloud berbantuan media cerita bergambar dapat meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas II B SDN 102 Cikudayasa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode Reading Aloud; keterampilan membaca nyaring siswa; buku cerita bergambar; pembelajaran bahasa Indonesia; |
Subjects: | Indonesia Books Notable for Illustrations and Materials Educational Institutions, Schools and Their Activities Applied Linguistics > Reading |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ely Musripah Hasibuan |
Date Deposited: | 08 May 2025 07:04 |
Last Modified: | 08 May 2025 07:04 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/107471 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |