Sulastri, Ameliani (2025) Strategi bauran pemasaran syariah dengan analisis swot dalam meningkatkan daya saing cafe Dapur Amih Cimenyan Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
Surat Keterangan Lolos Amel.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
Ameliani Sulastri Nur Hidayat - BAB I.pdf Download (190kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
Ameliani Sulastri Nur Hidayat - BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
Ameliani Sulastri Nur Hidayat - BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
Ameliani Sulastri Nur Hidayat - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (58kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya pertumbuhan industri kuliner yang mendorong pelaku usaha untuk merancang strategi pemasaran yang tidak hanya kompetitif, tetapi juga relevan dengan nilai dan kebutuhan konsumen. Café Dapur Amih sebagai pelaku usaha kuliner lokal yang berlokasi di Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, mengusung konsep syariah dalam operasional dan strategi pemasarannya. Penerapan bauran pemasaran syariah (7P) menjadi pendekatan utama dalam menarik konsumen yang peduli terhadap prinsip halal dan etika bisnis Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi bauran pemasaran syariah (produk, harga, tempat, promosi, proses, orang, dan bukti fisik) di Café Dapur Amih, menganalisis pengaruh kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman (SWOT) terhadap strategi tersebut, serta mengkaji kontribusinya dalam meningkatkan daya saing café di pasar lokal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, serta penyebaran kuesioner dengan skala scoring. Informan utama dalam penelitian ini adalah pemilik Café Dapur Amih, informan pendukung adalah karyawan dan admin media sosial Café Dapur Amih, sedangkan data pendukung diperoleh dari konsumen café yang dijadikan responden untuk mengetahui persepsi mereka terhadap strategi bauran pemasaran syariah yang diterapkan. Penelitian ini menemukan bahwa penerapan strategi bauran pemasaran syariah yang dikombinasikan dengan analisis SWOT mampu memperkuat posisi Café Dapur Amih dalam menghadapi persaingan. Optimalisasi inovasi produk, digital marketing, dan kerja sama komunitas menjadi kunci penting untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing secara berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bauran pemasaran syariah (7P) di Café Dapur Amih Cimenyan Bandung sudah baik, mencerminkan nilai Islam. Café ini menawarkan produk halal dan thayyib, harga adil, lokasi strategis dengan fasilitas Islami, serta promosi etis. Pelayanan dilakukan secara Islami dengan karyawan yang ramah dan profesional, serta bukti fisik yang mencerminkan nuansa syariah. Analisis SWOT mengungkapkan kekuatan utama café pada konsistensi konsep halal dan pelayanan Islami, serta peluang besar dari meningkatnya kesadaran gaya hidup halal. Meskipun sudah berkontribusi positif dalam daya saing, masih diperlukan inovasi pada variasi menu dan promosi digital.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran Syariah; Bauran Pemasaran 7P; Analisis SWOT; Daya Saing |
Subjects: | Business Business > Data Processing and Analysis of Business General Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ameliani Sulastri |
Date Deposited: | 14 May 2025 03:33 |
Last Modified: | 14 May 2025 03:33 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/107704 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |