Nurazizah, Hilwa (2025) Strategi media Relations Humas Kebun Raya Bogor sebagai upaya mempertahankan pemberitaan positif di media. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarsm.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (322kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (819kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (33kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (972kB) |
Abstract
Kebun Raya Bogor, sebagai kebun raya tertua di Asia Tenggara dan destinasi wisata bagi wisatawan lokal maupun mancanegara, memerlukan hubungan yang baik dengan media, yang dikenal dengan istilah Media Relations. Maka dari itu, Kebun Raya Bogor menerapkan strategi Media Relations sebagai upaya untuk mempertahankan pemberitaan positif di media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Media Relations yang dilakukan Kebun Raya Bogor sebagai upaya mempertahankan pemberitaan positif di media. Landasan penelitian ini menggunakan konsep strategi Media Relations yang dikembangkan oleh Yosal Iriantara meliputi tahapan mengelola relasi, mengembangkan strategi, dan mengembangkan jaringan. Paradigma penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah konstruktivisme dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan menjelaskan gambaran strategi Media Relations yang dilakukan di Kebun Raya Bogor sebagai upaya mempertahankan pemberitaan positif di media. Proses pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi partisipasi aktif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kebun Raya Bogor melakukan kegiatan Media Relations dengan tiga strategi utama. Pertama, mengembangkan strategi aktivitas Media Relations melalui analisis faktor yang memengaruhi aktivitas Media Relations yakni SWOT , koordinasi dengan media yang berada di perusahaan induk, serta pengelolaan berita negatif atau situasi krisis. Kedua, mengelola relasi dengan media melalui pembangunan relasi institusional dan Pembangunan relasi personal serta pemilihan media list. Ketiga, mengembangkan jaringan dengan menjalin koordinasi dengan organisasi wartawan, komunitas hobi, serta memanfaatkan platform digital agar jangkauan komunikasi semakin optimal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Kebun Raya Bogor menjalankan kegiatan Media Relations secara formal maupun non formal bersama media berdasarkan strategi Media Relations yang dikemukakan oleh Yosal Iriantara
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Relations; Humas Pariwisata; |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Hilwa Nabila Nur Azizah |
Date Deposited: | 14 May 2025 03:54 |
Last Modified: | 14 May 2025 03:54 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/107755 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |