Julhamdani, Feri (2025) Implementasi metode diskusi kelompok dalam pembelajaran PAI untuk membangun berpikir kritis dan kerjasama antar peserta didik di SMK pasundan 3 Kota Cimahi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
TESIS FERI JULHAMDANI COVER.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
TESIS FERI JULHAMDANI ABSTRAK.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
Keterangan Bebas Plagiarism.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
TESIS FERI JULHAMDANI DAFTAR ISI.pdf Download (469kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
TESIS FERI JULHAMDANI BAB 1.pdf Download (550kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
TESIS FERI JULHAMDANI BAB 2 ok (1).pdf Restricted to Registered users only Download (534kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
TESIS FERI JULHAMDANI BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (585kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
TESIS FERI JULHAMDANI BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
TESIS FERI JULHAMDANI BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
TESIS FERI JULHAMDANI DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
TESIS FERI JULHAMDANI LAMPIARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Implementasi Metode Diskusi Kelompok dalam Pembelajaran PAI Untuk Membangun Berpikir Kritis dan Kerjasama Antar Peserta Didik Di SMK Pasundan 3 Kota Cimahi” Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan berpikir kritis dan kerjasama siswa yang masih berkategori rendah pada mata pelajaran PAI di kelas X SMK Pasundan 3 Kota Cimahi karena pembelajaran masih bersifat konvensional ceramah yang berpusat pada guru dan penugasan sehingga pembelajaran menjadi kurang berdampak positif terhadap pemikiran dan jauh dari kepedulian sosial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode diskusi kelompok dalam pembelajaran PAI terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kerjasama antar peserta didik di kelas X SMK Pasundan 3 Kota Cimahi. Diskusi kelompok merupakan salah satu metode pembelajaran aktif yang menekankan pada partisipasi peserta didik dalam proses berpikir, bertanya, menyampaikan pendapat, serta mendengarkan pandangan orang lain. Dalam konteks pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), metode ini tidak hanya meningkatkan pemahaman terhadap materi ajar, tetapi juga mendorong peserta didik untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kerjasama antar sosial. Dengan demikian, penerapan metode diskusi kelompok dalam pembelajaran PAI memiliki potensi besar dalam membentuk peserta didik memiliki kemampuan berpikir kritis dan kemampuan kerjasama yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen bentuk nonequivalent control grup design. Sumber data primernya yaitu peserta didik kelas X MPLB 1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode diskusi kelompok dan kelas X MPLB 2 sebagai kelas kontrol dengan metode ceramah. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. angket, tes dan studi kepustakaan, Peneliti berperan langsung dalam proses pembeiajaran dan juga sebagai observer. Hasil uji paired sample T-test untuk variabel kemampuan berpikir kritis nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,006 < 0,05 dan kemampuan kerjsasama di kelas eksperimen diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,004 < 0,05. Kemudian hasil perhitungan uji independent sample T-test variabel kemampuan berpikir kritis diperoleh nilai sig. (2- tailed) sebesar 0,024, sedangkan pada variabel kemampuan kerjasama diperoleh nilai 0,003. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis dan kerjasama peserta didik yang menggunakan metode diskusi kelompok dengan metode ceramah. Skor rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas eksperimen mula-mula sebesar 76,92 dan setelah diterapkan metode diskusi kelompok mengalami kenaikan 4,72 % menjadi 81,64. Selanjutnya skor rata-rata kemampuan kerjasama peserta didik semula 76,84 meningkat 6,04 % menjadi 81,88 Sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi kelompok, skor rata-rata kemampuan berpikir kritis sebesar 74,28 hanya mengalami kenaikan 3,36 % menjadi 77,64 dan skor rata-rata kemampuan kerjasama sebesar 74,60 meningkat 1,32% menjadi 75,92. Simpulannya metode diskusi kelompok dalam pembelajaran PAI berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kerjasama peserta didik kelas X SMK Pasundan 3 Kota Cimahi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Diskusi Kelompok; Kemampuan Peserta Didik; Pembelajaran PAI; Berpikir Kritis; Kerjasama |
Subjects: | Islam Islam > Islamic Religious Education Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Feri Julhamdani Fey |
Date Deposited: | 15 May 2025 07:23 |
Last Modified: | 15 May 2025 23:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/107836 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |