Upaya sekolah dalam mengatasi perilaku menyimpang siswa SMP Muhammadiyah 10 Bandung

Herliani, Eneng Indri (2024) Upaya sekolah dalam mengatasi perilaku menyimpang siswa SMP Muhammadiyah 10 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
Lembar pernyataan (11).pdf

Download (364kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran penelitian (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena perilaku menyimpang di kalangan remaja semakin umum terjadi. Pada usia remaja 13-17 tahun, para remaja masih mengenyam pendidikan sekolah menengah pertama, yang mana remaja mengalami masa transisi dari masa anak ke masa usia remaja yang sedang mencari jati diri nya sendiri. Dalam masa tersebut, kebanyakan dari kelompok ini gagal dalam beradaptasi dan mudah terpengaruh, sehingga tak jarang remaja terjerumus dalam perilaku menyimpang. Perilaku menyimpang tersebut seharusnya dapat ditangani, terutama dari hal terdekat anak, yaitu peran orang tua dan peran pendidikan yang diterima oleh anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, perilaku menyimpang apa saja yang terjadi di SMP Muhammadiyah 10 Bandung, faktor pendukung dan faktor penghambat sekolah dalam mengatasi perilaku menyimpang siswa SMP Muhammadiyah 10 Bandung, dan upaya apa saja yang dilakukan sekolah dalam mengatasi perilaku menyimpang siswa SMP Muhammadiyah 10 Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori struktural fungsional Robert K. Merton, tentang konsep fungsi dan disfungsi, yang dimana terkadang setiap struktur belum tentu berfungsi seperti yang diinginkan namun juga dapat menjadi disfungsi. Penilitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Penulis mengambil data dari kesiswaan, perwakilan guru wali kelas diantaranya, wali kelas 9B dan 7A, guru bimbingan dan konseling, keamanan sekolah dan perwakilan siswa diantanya, Ketua IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah), Ketua Hizbul Wathan, dan Ketua Kelas 9B dan 7A. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, da penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat beberapa perilaku menyimpang yang terjadi pada siswa SMP Muhammadiyah 10, diantaranya bolos sekolah, mabal, merokok, mengolok-olok orang tua, tidak mengerjakan tugas, dan kurangnya menghargai guru. faktor pendukung sekolah dalam mengatasi perilaku menyimpang siswa yaitu, keterlibatan guru wali kelas, guru bimbingan konseling dan juga kesiswaan. Terdapat faktor penghambat sekolah yaitu keterbatasan sarana dan prasarana sekolah, kurangnya antusias siswa berpartisipasi dalam kegiatan atau program yang dilaksanakan sekolah, dan juga kurangnya respon orang tua. Adapun upaya yang dilakukan sekolah dalam mengatasi perilaku menyimpang siswa, diantanya terdapat program pembiasaan solat duha, pembiasaan membawa tumbler dan misting, implementasi gerakan 5S, pembinaan karakter yang menjadi fokus utama, kegiatan upacara penaikan dan penurunan bendera, membaca al-quran, keputrian, diadakannya forum dan gethering orang tua. Upaya ini menunjukan hasil yang positif dalam mengurangi perilaku menyimpang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Menyimpang; Sekolah
Subjects: General Libraries, General Archieves, Information Centers Devoted to General Subjects and Disciplines
Culture and Institutions
Education > Sociology of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Discipline
General Management > Consumer Behavior
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Eneng Indri Herliani
Date Deposited: 03 Jun 2025 07:30
Last Modified: 03 Jun 2025 07:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/107958

Actions (login required)

View Item View Item