Penerapan metode Tikrar Berbasis aplikasi Cinta Qur’an untuk meningkatkan kemampuan menghafal ayat Al-Qur’an siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian quasi experiment di kelas X SMAN 24 Kota Bandung

Hilwah, Nurbaety (2025) Penerapan metode Tikrar Berbasis aplikasi Cinta Qur’an untuk meningkatkan kemampuan menghafal ayat Al-Qur’an siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian quasi experiment di kelas X SMAN 24 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi rendahnya kemampuan menghafal ayat Al-Qur’an siswa yang terdapat pada nilai hafalan. Para siswa mengalami kesulitan ketika menghafal ayat-ayat tematik pada mata pelajaran PAI dan BP para siswa dikarenakan menghafal secara mandiri. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui kemampuan menghafal ayat Al-Qur’an siswa tanpa menerapkan metode tikrar berbasis aplikasi Cinta Qur’an pada mata pelajaran PAI dan BP di Kelas X SMAN 24 Kota Bandung (2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan menghafal ayat Al-Qur’an dengan menerapkan metode tikrar berbasis aplikasi Cinta Qur’an pada mata pelajaran PAI dan BP di Kelas X SMAN 24 Kota Bandung (3) Untuk mengetahui perbandingan antara kemampuan menghafal ayat Al-Qur’an menerapkan dengan yang tidak menerapkan metode tikrar berbasis aplikasi Cinta Qur'an pada mata pelajaran PAI dan BP di Kelas X SMAN 24 Kota Bandung. Penelitian ini didasarkan pada kemampuan menghafal ayat Al-Qur’an dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya yaitu penggunaan metode belajar dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Metode yang diterapkan yaitu metode tikrar berbasis aplikasi Cinta Qur’an. Hipotesis yang diajukan adalah pengaruh penerapan metode tikrar berbasis aplikasi Cinta Qur’an diduga dapat meningkatkan kemampuan menghafal ayat Al-Qur’an siswa pada mata pelajaran PAI dan BP. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Quasi Experiment dengan model Non-equivalent Control Group Design, dengan sampel Nonprobability Sampling dan teknik Sampling Purposive dengan sampel berjumlah 34 siswa pada kelas eksperimen dan 35 siswa pada kelas kontrol. Teknis pengumpulan data yaitu: observasi, tes (pretest dan posttest), wawancara, dan dokumentasi. Data kuantitatif yang diperoleh dianalisis dengan aplikasi SPPS dengan tahapan yaitu: analisis deskriptif, uji normalitas data, uji wilcoxon, uji mann withney, uji homogenitas. Hasil penelitian ini yaitu : (1) Kemampuan menghafal ayat Al-Qur’an siswa sebelum diterapkan pada hasil nilai pretest dan posstest tidak terlalu menunjukkan hasil perbedaan yang terlalu jauh, yaitu nilai pretest sebesar 69,23% dan nilai posttest sebesar 77,76%. (2) Kemampuan menghafal ayat Al-Qur’an siswa setelah diterapkan pada hasil nilai pretest dan posstest menunjukkan hasil peningkatan yang signifikan, yaitu nilai pretest sebesar 68,68% dan nilai posttest sebesar 81,64%. (3) Perbandingan antara kemampuan menghafal ayat Al-Qur’an menerapkan dengan yang tidak menerapkan metode tikrar berbasis aplikasi Cinta Qur'an pada mata pelajaran PAI dan BP di Kelas XI SMAN 24 Kota Bandung menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kemampuan menghafal siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini ditunjukkan oleh nilai Z sebesar -3,469 dan nilai signifikansi (p) sebesar 0,000 (p < 0,05).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penerapan; Metode Tikrar; Aplikasi Cinta Qur’an; Kemampuan Menghafal
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurbaety Hilwah
Date Deposited: 22 May 2025 04:18
Last Modified: 22 May 2025 04:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108238

Actions (login required)

View Item View Item