Strategi humas PT KAI (Persero) dalam mempertahankan citra sebagai badan publik informatif: Studi deskriptif pada Humas Kantor Pusat PT Kereta Api Indonesia (Persero)

Royani, Devi Ahmad (2025) Strategi humas PT KAI (Persero) dalam mempertahankan citra sebagai badan publik informatif: Studi deskriptif pada Humas Kantor Pusat PT Kereta Api Indonesia (Persero). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Predikat sebagai badan publik informatif merupakan citra positif yang penting untuk terus dipertahankan dan dijaga oleh setiap badan publik. Citra tersebut mencerminkan reputasi yang dapat menjadi tolak ukur keberhasilan sebuah organisasi atau perusahaan dalam menjalankan transparansi dan akuntabilitas. Fokus utama dari penelitian ini yaitu bagaimana strategi yang dilakukan Humas PT KAI (Persero) sehingga dapat terus mempertahankan citranya sebagai badan publik yang informatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis strategi Humas PT KAI (Persero) dalam mempertahankan citra sebagai badan publik informatif berdasarkan konsep public relations strategy yang dijelaskan oleh Harwood L. Childs (1940) yang meliputi strategi publisitas (strategy of publicity), strategi persuasi (strategy of persuasion), strategi argumentasi (strategy of argumentation), dan strategi citra (strategy of image). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, serta teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam serta observasi kepada Humas PT KAI (Persero), dan juga didukung dokumentasi guna melengkapi penjelasan pada pemamaparan hasil data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Humas PT KAI (Persero) menjalankan beberapa strategi humas yang relevan dengan konsep Harwood L. Childs (1940), diantaranya Strategy of publicity dilakukan Humas PT KAI (Persero) dengan optimalisasi website dan media sosial, media relations, dan sosialisasi. Strategy of persuasion dilakukan dengan segmentasi publik, pengemasan pesan, dan social media listening. Strategy of Argumentation dilakukan dengan empati dan emotional control. Pendekatan terakhir yaitu strategy of image dilakukan dengan keterbukaan informasi publik, konsistensi inovasi, kreativitas inovasi, serta media monitoring.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Humas; Citra Perusahaan; Badan Publlik Informatif, Keterbukaan Informasi Publik
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Process > Public Opinion
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Devi Ahmad
Date Deposited: 23 May 2025 01:58
Last Modified: 23 May 2025 01:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108261

Actions (login required)

View Item View Item