kualitas layanan aplikasi mobile JKN terhadap kepuasan peserta BPJS kesehatan cabang Soreang

Jamilah, Siti (2025) kualitas layanan aplikasi mobile JKN terhadap kepuasan peserta BPJS kesehatan cabang Soreang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

BPJS Kesehatan memanfaatkan aplikasi Mobile JKN guna memberikan kemudahan bagi peserta dalam mengakses layanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan aplikasi Mobile JKN terhadap kepuasan peserta BPJS Kesehatan Cabang Soreang dan untuk mengetahui sumbangan efektif dari dimensi-dimensi M-Government Service Quality terhadap kepuasan pengguna. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah M-Government Service Quality. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada 100 responden yang dipilih menggunakan metode simple random sampling. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan SPSS dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear sederhana dan uji sumbangan efektif dari tiap dimensi kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan Mobile JKN memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan peserta BPJS Kesehatan Cabang Soreang. Berdasarkan hasil uji t, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 dengan nilai t hitung sebesar 5,539 > t tabel 1,660. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Adapun sumbangan efektif dari tiap dimensi M-Government Service Quality menunjukkan pengaruh yang bervariasi, yaitu kualitas interaksi 0,08%, kualitas lingkungan sebesar 13,88%, kualitas informasi sebesar 11,01%, kualitas sistem 5,41%, kualitas jaringan sebesar 2,93%, dan kualitas hasil sebesar 13,66%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kualitas layanan; pelayanan publik; Mobile JKN; layanan Mobile
Subjects: Public Administration
Public Administration > General Publications of Public Administration
Administration of Economy > Administration of Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: siti jamilah
Date Deposited: 02 Jun 2025 03:17
Last Modified: 02 Jun 2025 03:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108482

Actions (login required)

View Item View Item