Pengaruh penggunaan media game edukatif mari belajar terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia dini: Penelitian kuasi eksperimen di Kelompok B RA Persis 235 Nasrullah Kecamatan Ujungberung Kota Bandung

Sa'diyyah, Luthvia Nur (2025) Pengaruh penggunaan media game edukatif mari belajar terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia dini: Penelitian kuasi eksperimen di Kelompok B RA Persis 235 Nasrullah Kecamatan Ujungberung Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (129kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (200kB)
[img] Text (SK bebas plagiarisme)
3_SK bebasplagiarisme.pdf

Download (862kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
4_DAFTAR ISI.pdf

Download (156kB)
[img] Text (BAB I)
5_BAB I.pdf

Download (369kB)
[img] Text (BAB II)
6_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)
[img] Text (BAB III)
7_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text (BAB IV)
8_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB)
[img] Text (BAB V)
9_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan saat ini terpengaruhi oleh kehidupan abad 21 yakni perlu mengembangkan pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan abad 21 salah satunya kemampuan berpikir kritis. Ciri umum kemampuan berpikir kritis pada anak usia dini yaitu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, mampu bertanya maupun menjawab, mengemukakan pendapat dan mengambil keputusan. Pada kenyataannya beberapa anak kelompok B RA Persis 235 Nasrullah belum mampu menyampaikan pendapatnya, tidak mau bertanya dan menjawab serta belum mampu menentukan keputusan. Hal tersebut disebabkan kurang efektifnya media pembelajaran yang digunakan terutama untuk merangsang rasa ingin tahu anak sebagai ciri kemampuan berpikir kritis anak. Tujuan dari penelitian yang dilakukan di Kelompok B RA Persis 235 Nasrullah adalah untuk mengetahui: 1) Kemampuan berpikir kritis anak usia dini dengan menggunakan media game eduktif Mari Belajar pada kelas eksperimen. 2) Kemampuan berpikir kritis anak usia dini dengan menggunakan media puzzle pada kelas kontrol. 3) Perbandingan kemampuan berpikir kritis anak usia dini antara menggunakan media game edukatif Mari Belajar dan media puzzle. Penelitian ini didasari teori bahwa media game dapat menstimulasi kemampuan dalam berpikir, memecahkan masalah, meningkatkan rasa ingin tahu, motivasi dan minat serta kemandirian. Oleh sebab itu, penulis menggunakan media game edukatif Mari Belajar sebagai alat untuk membantu anak dalam memberikan stimulus pada kemampuan berpikir kritisnya. Metode penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design melalui pola pretest, treatment yang berbeda dan posttest terhadap dua kelompok untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis anak usia dini. Pada kelas eksperimen terdiri dari 14 anak dan pada kelas kontrol terdiri dari 14 anak. Data yang diperoleh dari hasil tes tersebut selanjutnya dianalisis secara kuantitatif. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan nilai rata-rata pretest pada kelompok eksperimen sebesar 67,2 dengan kriteria “cukup” dan nilai rata-rata posttest sebesar 86,34 dengan kriteria “sangat baik”, sedangkan nilai rata-rata pretest pada kelompok kontrol sebesar 58,6 dengan kriteria “kurang” dan nilai rata-rata posttest sebesar 77 dengan kriteria “baik”. Terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan berpikir kritis anak antara pembelajaran menggunakan media game edukatif Mari Belajar dengan media puzzle di Kelompok B RA Persis 235 Nasrullah Kecamatan Ujungberung Kota Bandung. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji hipotesis bahwa diperoleh nilai t_hitung=2,1550>t_tabel=2,0555 pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: penggunaan media; game edukatif; kemampuan berpikir kritis; anak usia dini
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Elementary Education > Other Studies for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: luthvia nur sa'diyyah
Date Deposited: 02 Jun 2025 06:42
Last Modified: 02 Jun 2025 06:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108593

Actions (login required)

View Item View Item