Putriani, Amira (2025) Strategi pemasaran digital Partai Amanat Nasional (PAN) melalui akun Instagram @amanatnasional untuk menjangkau pemilih Gen-Z dan Milenial pada Pemilu Legislatif tahun 2024 di Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
![]() |
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (28kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (128kB) |
![]() |
Text (SK BEBAS PLAGIARIASME)
3_skbebasplagiarsm.pdf Download (85kB) |
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (116kB) |
![]() |
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (372kB) |
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) | Request a copy |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) | Request a copy |
Abstract
Menjelang Pemilu Legislatif tahun 2024, Partai Amanat Nasional (PAN) menetapkan pendekatan strategis dengan menyasar Generasi-Z dan Milenial yang lekat dengan pemanfaatan teknologi digital. Hal ini menjadi relevan merujuk kepada data Komisi Pemilihan Umum (KPU), jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Provinsi Jawa Barat mencapai sekitar 35 juta jiwa, dengan proporsi Gen-Z dan Milenial mencakup 50% dari keseluruhan DPT. Peran signifikan pemilih muda ini mendorong PAN untuk mengoptimalkan strategi pemasaran digital melalui media sosial, khususnya akun Instagram resmi @amanatnasional, sebagai sarana membangun komunikasi, menyampaikan pesan politik, serta membentuk opini publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pemasaran digital PAN dalam menjangkau pemilih Gen-Z dan milenial melalui Instagram @amanatnasional. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dan berlandaskan teori strategi pemasaran politik, hasil penelitian menunjukkan bahwa PAN cukup berhasil dalam memanfaatkan kanal digitalnya. Keberhasilan ini tercermin dari capaian PAN yang mampu mengamankan kursi di DPR RI, termasuk meloloskan delapan calon legislatif dari daerah pemilihan Jawa Barat. Strategi yang digunakan mencakup pendekatan Push Marketing melalui kampanye tatap muka di berbagai wilayah Jawa Barat, Pull Marketing lewat program rutin seperti “PAN-Sepekan” di Instagram, serta Pass Marketing dengan menggandeng figur publik atau influencer guna menyampaikan pesan politik secara persuasif. Strategi Pass Marketing menunjukkan bagaimana PAN menggunakan kekuatan pihak ketiga yang dipercaya publik dalam mendekatkan pesan politik kepada pemilih muda.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran Digital; Partai Amanat Nasional; Instagram; Pemilih Gen-Z dan Milenial; Pemilu 2024; Jawa Barat. |
Subjects: | Political Process Political Process > Programs and Ideologies of Parties Political Process > Parties in Indonesia Political Process > Political Campaigns |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik |
Depositing User: | amira putriani |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 01:30 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 01:30 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108789 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |