Desyta, Syalwa (2025) Pengaruh penggunaan media pembelajaran Quizlet terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa kelas IX SMP Negeri 3 Paseh Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
![]() |
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (57kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (313kB) |
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (514kB) |
![]() |
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (467kB) |
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (627kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) | Request a copy |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilangsungkan tepatnya di SMP Negeri 3 Paseh kabupaten Bandung, yakni ditemukannya proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI-BP) masih berfokus pada penggunaan media pembelajaran klasikal seperti papan tulis, sehingga diduga menjadi salah satu penyebab hasil belajar PAI-BP kurang optimal. Fasilitas media pembelajaran yang tersedia belum dapat dimanfaatkan secara maksimal, sehingga pada penelitian ini peneliti berupaya mempergunakan media pembelajaran quizlet dan melihat pengaruhnya terhadap hasil belajar PAI-BP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses penggunaan media pembelajaran quizlet pada siswa kelas IX di SMP Negeri 3 Paseh kabupaten Bandung (2) hasil belajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti (PAI-BP) siswa kelas IX di SMP Negeri 3 Paseh kabupaten Bandung; (3) pengaruh penggunaan media pembelajaran quizlet terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI-BP) pada siswa kelas IX di SMP Negeri 3 Paseh kabupaten Bandung. Salah satu komponen pembelajaran yang dapat memengaruhi hasil belajar PAI-BP yaitu media pembelajaran (Gustari, 2020). Perkembangan teknologi yang telah merambat pada sektor media pembelajaran dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih media pembelajaran. Dari sekian banyaknya media pembelajaran berbasis teknologi, salah satu media pembelajaran yang bisa digunakan adalah quizlet. Maka, hipotesis pada penelitian ini adalah semakin tepat penggunaan media pembelajaran quizlet, akan semakin berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI-BP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen berbentuk non-equivalent control group design. Terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan keseluruhan sampel berjumlah 56 siswa kelas IX SMP Negeri 3 Paseh kabupaten Bandung. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan studi dokumentasi. Analisis data yang dipakai yaitu statistik deskriptif, uji prasyarat, uji hipotesis dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses penggunaan media pembelajaran quizlet pada siswa kelas IX di SMP Negeri 3 Paseh kabupaten Bandung telah berlangsung sangat baik. Hal ini didasarkan pada hasil observasi guru dalam menggunakan media pembelajaran quizlet meraih skor rerata 88%; (2) hasil belajar PAI-BP siswa kelas IX di kelas eksperimen memperoleh rerata nilai post-test 76,25, sedangkan di kelas kontrol memperoleh rerata nilai post-test 60,36; (3) pengaruh penggunaan media pembelajaran quizlet terhadap hasil belajar PAI-BP berada pada kriteria cukup efektif. Hal ini didasarkan pada hasil perhitungan n-gain memperoleh skor rerata 57,34%. Kemudian hasil analisis mann-whitney dengan nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,002 sehingga menunjukkan perbedaan signifikan antara skor n-gain kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran; Quizlet; Hasil Belajar |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Syalwa Desyta |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 07:03 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 07:03 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108889 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |