Azizah, Ismi Nur (2025) Penerapan inovasi media pembelajaran visual berbasis lapbook untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Fiqih: Penelitian kuasi eksperimen di kelas VII MTs Ar-Rosyidiyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
![]() |
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (67kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (101kB) |
![]() |
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
lembar pernyataan karya sendiri (10).pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (117kB) |
![]() |
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (406kB) |
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Download (319kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Download (431kB) |
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Download (27kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan pembelajaran fiqih dimana siswa belum optimal memahami materi yang disampaikan oleh guru, dibuktikan pada hasil belajar kelas VII MTs Ar-Rosyidiyah terdapat beberapa siswa belum mancapai nilai Kriteria ketuntasan (KKM). Salah satu faktor hasil belajar siswa ialah penggunaan media pembelajaran yang tidak interaktif sehingga siswa tidak antusias dan membuat siswa terasa jenuh saat kegiatan pembelajaran fiqih berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan sebuah inovasi dari media visual berbasis lapbook terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Ar-Rosyidiyah pada pembelajaran fiqih. Penelitian ini didasarkan pada teori konstruktivisme yang memandang bahwa penggunaan lapbook memberikan ruang secara aktif bagi siswa, sehingga membangun sendiri pemahamannya melalui pengalaman belajar dan mempermudah menerapkan nilai ke Islaman dengan pendekatan visual yang menarik dan menyenangkan. Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen design non-equivalent. Teknik pengumpulan data dengan observasi, test dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji paired t-test, uji Wilcoxon Signed-Rank Test, uji independent t-test dan uji n-gain untuk melakukan perbandingan pemahaman antara kedua kelas. Hasil penelitian menunjukan dengan penerapan media inovasi visual berbasis lapbook cukup efektif ditunjukan dari signifikan uji n-gain menghasilkan persentase 60,69% sedangkan media konvensional tidak efektif karena hasil uji n-gain menghasilkan persentase 38,53%. Pada pembelajaran fiqih memperoleh nilai hasil belajar kelas eksperimen 88,93 dengan kategori baik, sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai 79,63 dikategorikan cukup. Jika dipersentasekan perbandingan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi sekitar 11,68% dibandingkan dengan kelas kontrol. Meskipun hasil dari kedua kelas tersebut menunjukan peningkatan pemahaman akan tetapi kelas eksperimen dengan penerapan media visual berbasis lapbook menunjukan peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol. Hasil belajar ranah afektif dari kelas eksperimen maupun kelas kontrol memiliki rata-rata yang sama yaitu mencapai skala 3 dengan kategori baik. Rekomendasi penelitian ini bahwa penerapan inovasi media visual berbasis lapbook yang didalamnya terdapat gambar dua dimensi yang berwarna dengan ringkasan materi, menjadi media visual alternatif dan berorientasi pada pembelajaran aktif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media lapbook; hasil belajar; pembelajaran fiqih |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ismi Nur Azizah |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 06:31 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 06:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/109113 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |