Gunawan, Samia Insyirah (2025) Pengaruh manajemen program Ma'had Lughawy terhadap keterampilan menulis bahasa Arab mahasiswa: Penelitian terhadap mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
![]() |
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
3_skbebasplagiarsm.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (316kB) |
![]() |
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (384kB) |
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (570kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (513kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) | Request a copy |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kurangnya optimalisasi dalam manajemen program Ma’had Lughawy, terutama dalam aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan, berdampak pada efektivitas pembelajaran Bahasa Arab mahasiswa. Program ini belum sepenuhnya terstruktur untuk mengakomodasi perbedaan tingkat kompetensi mahasiswa, sehingga mahasiswa dengan dasar bahasa yang lemah mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu, latar belakang pendidikan yang beragam, motivasi awal dalam memilih Prodi Pendidikan Bahasa Arab, serta perbedaan tingkat pemahaman Bahasa Arab saat masuk kuliah menjadi tantangan utama dalam meningkatkan keterampilan menulis Bahasa Arab mahasiswa. Oleh karena itu, manajemen program yang efektif sangat diperlukan untuk memastikan bahwa seluruh mahasiswa dapat meningkatkan keterampilan menulis Bahasa Arab secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui memanajemen program ma’had lughawy di Prodi Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Gunung Djati Bandung; 2) mengetahui keterampilan menulis Bahasa Arab mahasiswa di Prodi Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Gunung Djati Bandung; 3) mendeskripsikan pengaruh manajemen program ma’had lughawy terhadap keterampilan menulis Bahasa Arab mahasiswa di Prodi Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian ex post facto. Sumber data terdiri dari sumber primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen penelitian, dengan pengukuran data Skala Likert. Selanjutnya teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS 27 dengan melakukan uji instrumen penelitian, uji normalitas, uji linieritas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen program ma’had Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen program ma’had lughawy memiliki sebaran nilai rata-rata keseluruhan indikator sebesar “4,66” yang termasuk dalam kategori “Sangat Tinggi”. Selanjutnya hasil analisis nilai UAS menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memiliki keterampilan menulis Bahasa Arab yang baik hingga sangat baik, dengan rata-rata nilai 80,4. Berdasarkan hasil regresi linear sederhana antar variabel X dan variabel Y, diperoleh nilai fHitung sebesar 69,223 dengan tingkat signifikansi sebesar <0,001 yang lebih kecil dari 0,05. Artinya, semakin baik pengelolaan manajemen program, semakin meningkat pula keterampilan menulis mahasiswa secara signifikan. Berdasarkan hasil penelitian di atas, disarankan agar manajemen program Ma’had Lughawy ditingkatkan melalui kurikulum terstruktur, keseimbangan teori dan praktik, serta evaluasi komprehensif guna mengoptimalkan keterampilan menulis mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Program; Keterampilan Menulis Bahasa Arab |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Language General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Samia Insyirah Gunawan |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 06:56 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 06:56 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/109123 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |