Zahara, Sofi Liza (2025) Pengembangan modul elektronik berbasis komik digital untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi suhu dan kalor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
![]() |
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (146kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3_Lembar Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (777kB) |
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf Download (317kB) |
![]() |
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf Download (414kB) |
![]() |
Text (BAB II)
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (968kB) |
![]() |
Text (BAB III)
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (605kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB V)
8_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran (14).pdf Restricted to Registered users only Download (27MB) |
Abstract
Kemajuan teknologi digital mendorong terciptanya modul elektronik berbasis komik digital yang menyajikan materi fisika secara visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keterlaksanaan pembelajaran, dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan modul ini. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif dengan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-5 di MAN 1 Kota Tasikmalaya. Instrumen penelitian meliputi validasi ahli media, ahli materi, guru mata pelajaran untuk pengembangan media, untuk keterlaksanaan pembelajarannya lembar observasi, serta tes soal keterampilan berpikir kritis untuk peningkatan berpikir kritis. Analisis data dilakukan melalui uji validitas Aiken’s V, perhitungan observasi, uji N-Gain, dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan sangat layak dengan indeks validitas > 0,878, keterlaksanaan pembelajaran mencapai 88,4% oleh guru dan 83,3% oleh peserta didik dengan dengan koefisien kesepakatan masing-masing sebesar 0,75 dan 0,69. Peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik tergolong tinggi, dengan nilai N-gain sebesar 0,73. Uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,000, yang mengindikasikan adanya perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest, yang menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Dengan demikian, modul modul elektronik berbasis komik digital yang dikembangkan tidak hanya layak digunakan, tetapi juga terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini juga menegaskan potensi besar modul digital sebagai sarana pembelajaran yang lebih efektif di masa depan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | modul elektronik berbasis komik digital; keterampilan berpikir kritis; suhu dan kalor |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Sofi Liza Zahara |
Date Deposited: | 20 Jun 2025 03:24 |
Last Modified: | 20 Jun 2025 03:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/109385 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |