Al Jannah, Zahra (2025) Pengaruh Live streaming dan Flash sale terhadap keputusan pembelian produk fashion di E-commerce Shopee: Studi pada pengguna Shopee di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
Surat Keterangan Bebas Plagiasi Zahra Al Jannah (1).pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (630kB) | Preview |
|
![]() |
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (882kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
lampiran (77).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan besar dalam dunia perdagangan, mendorong transformasi dari belanja konvensional ke belanja daring melalui platform e-commerce. Di Indonesia, e-commerce tumbuh pesat dengan Shopee sebagai platform dominan, khususnya untuk produk fashion. Fitur interaktif seperti live streaming dan flash sale menjadi strategi utama untuk menarik minat konsumen dan mendorong keputusan pembelian. Kota Bandung, dengan tingkat penetrasi e-commerce yang tinggi, merupakan pasar potensial, terutama untuk produk fashion yang memerlukan kepercayaan visual. Hal ini mendorong penelitian mengenai pengaruh live streaming dan flash sale terhadap keputusan pembelian di Shopee. Penelitian ini terdapat 3 rumusan masalah: (1) Apakah terdapat pengaruh live streaming secara parsial terhadap keputusan pembelian (2) Apakah terdapat pengaruh flash sale secara parsial terhadap keputusan pembelian dan (3) Apakah terdapat pengaruh live streaming dan flash sale secara simultan terhadap keputusan pembelian produk fashion di Shopee. Penelitian ini penting dilakukan karena terdapat gap dalam penelitian terdahulu, di mana sebagian penelitian menemukan pengaruh yang signifikan, sementara penelitian lain menunjukkan hasil sebaliknya. Selain itu, belum banyak penelitian yang secara khusus mengkaji pengaruh kedua fitur tersebut dalam konteks produk fashion dan di wilayah Kota Bandung. Metode yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Survei dilakukan terhadap 97 pengguna aktif Shopee di Kota Bandung, dengan teknik purposive sampling. Analisis data meliputi regresi linier berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi (R²). Menurut Kotler dan Armstrong, pemasaran digital memfasilitasi interaksi yang lebih personal dan mendorong pembelian yang lebih efektif. Live streaming memfasilitasi interaksi personal, sementara flash sale mendorong pembelian impulsif, keduanya berperan dalam strategi pemasaran e-commerce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Live streaming berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Keputusan Pembelian karena nilai t_hitung 7,319 > t_tabel 1,66123 dan nilai signifikansi < 0,05. Flash sale juga berpengaruh signifikan secara parsial karena nilai t_hitung 6,880 > t_tabel1,66123 serta nilai signifikansi < 0,05. Secara simultan, kedua variabel independen tersebut berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, karena nilai F_hitung 34,812 > F_tabel 3,093 dan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Nilai R Square sebesar 41,3%, menunjukkan bahwa Live streaming dan Flash sale mampu menjelaskan Keputusan Pembelian, sementara 58,7% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar model penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Live streaming; Flash sale; Keputusan Pembelian; Shopee; E-commerce; Fashion |
Subjects: | General Management General Management > Data Processing and Analysis of Marketing General Management > Sales Management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Zahra Al Jannah |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 02:59 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 04:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/110800 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |