Ilmi, Irpan (2025) Pendidikan multikultural melalui event management berbasis nilai-nilai keislaman di sekolah menengah kejuruan: Penelitian di SMK Bakti Karya Parigi Pangandaran. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (334kB) | Preview |
|
![]()
|
Image
WhatsApp Image 2025-07-02 at 2.49.06 PM.jpeg Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (550kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN (72).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Disertasi ini menyajikan model konseptual tentang pengembangan manajemen pendidikan multikultural melalui event management yang berbasis nilai-nilai keislaman di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bakti Karya Parigi, Pangandaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan krusial akan pendidikan yang responsif terhadap pluralitas masyarakat, khususnya dalam konteks pendidikan vokasi, serta pentingnya pengintegrasian nilai-nilai etika dan moralitas keagamaan. Tujuan utama penelitian ini adalah mengeksplorasi, mengidentifikasi, menganalisis, dan merumuskan siklus manajemen event-meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan tindak lanjut-dapat berfungsi sebagai instrumen strategis untuk menginternalisasi nilai-nilai multikultural dengan fondasi prinsip-prinsip Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan strategi grounded theory. Peneliti melakukan pengumpulan data secara mendalam melalui wawancara dengan pemangku kepentingan, observasi partisipatif terhadap event sekolah, dan studi dokumen terkait di SMK Bakti Karya Parigi. Selanjutnya, data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik open coding, axial coding, dan selective coding untuk mengembangkan model event-based multicultural education management yang komprehensif. Temuan kunci penelitian ini adalah terwujudnya model konseptual yang menunjukkan sinergi efektif antara event management dan internalisasi nilai-nilai keislaman: Shidiq (kejujuran), Tabligh (menyampaikan kebaikan), Amanah (bertanggung jawab), dan Fatonah (kecerdasan/profesionalisme). Model ini meliputi fase Input yang membentuk landasan sistem; Proses Inti, merupakan siklus berkesinambungan dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut event yang dijiwai oleh nilai-nilai keislaman; Output berupa peningkatan pemahaman dan sikap multikultural siswa serta terciptanya lingkungan sekolah yang inklusif; dan Outcome jangka panjang berupa pembentukan karakter siswa yang utuh, kesiapan menghadapi dunia kerja multikultural, serta kontribusi positif pada masyarakat. Sebagai kesimpulan, implementasi event management berbasis nilai keislaman di SMK Bakti Karya Parigi berhasil menciptakan kerangka pedagogis inovatif. Pendekatan ini signifikan dalam meningkatkan pemahaman, toleransi, dan keterampilan interaksi lintas budaya siswa, sekaligus membentuk lingkungan sekolah yang harmonis dan berakhlak mulia. Event terbukti sebagai media transformatif dalam membentuk individu yang kompeten vokasional, berkesadaran multikultural tinggi, dan berkarakter Islami kuat, relevan untuk masyarakat majemuk dan dunia kerja global.
Item Type: | Thesis (Doktoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Multikultural; Management Event; Management Pendidikan; Nilai Keislaman; Sekolah Menengah Kejuruan |
Subjects: | General Management General Management > Education, Research of Management General Management > Planning and Strategic Management |
Divisions: | Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam > Konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Irpan Ilmi ilmi |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 07:47 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 07:50 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/110828 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |