Pendidikan multikultural melalui event management berbasis nilai-nilai keislaman di sekolah menengah kejuruan: Penelitian di SMK Bakti Karya Parigi Pangandaran

Ilmi, Irpan (2025) Pendidikan multikultural melalui event management berbasis nilai-nilai keislaman di sekolah menengah kejuruan: Penelitian di SMK Bakti Karya Parigi Pangandaran. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Image
WhatsApp Image 2025-07-02 at 2.49.06 PM.jpeg

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (550kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text
LAMPIRAN (72).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Disertasi ini menyajikan model konseptual tentang pengembangan manajemen pendidikan multikultural melalui event management yang berbasis nilai-nilai keislaman di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bakti Karya Parigi, Pangandaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan krusial akan pendidikan yang responsif terhadap pluralitas masyarakat, khususnya dalam konteks pendidikan vokasi, serta pentingnya pengintegrasian nilai-nilai etika dan moralitas keagamaan. Tujuan utama penelitian ini adalah mengeksplorasi, mengidentifikasi, menganalisis, dan merumuskan siklus manajemen event-meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan tindak lanjut-dapat berfungsi sebagai instrumen strategis untuk menginternalisasi nilai-nilai multikultural dengan fondasi prinsip-prinsip Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan strategi grounded theory. Peneliti melakukan pengumpulan data secara mendalam melalui wawancara dengan pemangku kepentingan, observasi partisipatif terhadap event sekolah, dan studi dokumen terkait di SMK Bakti Karya Parigi. Selanjutnya, data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik open coding, axial coding, dan selective coding untuk mengembangkan model event-based multicultural education management yang komprehensif. Temuan kunci penelitian ini adalah terwujudnya model konseptual yang menunjukkan sinergi efektif antara event management dan internalisasi nilai-nilai keislaman: Shidiq (kejujuran), Tabligh (menyampaikan kebaikan), Amanah (bertanggung jawab), dan Fatonah (kecerdasan/profesionalisme). Model ini meliputi fase Input yang membentuk landasan sistem; Proses Inti, merupakan siklus berkesinambungan dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut event yang dijiwai oleh nilai-nilai keislaman; Output berupa peningkatan pemahaman dan sikap multikultural siswa serta terciptanya lingkungan sekolah yang inklusif; dan Outcome jangka panjang berupa pembentukan karakter siswa yang utuh, kesiapan menghadapi dunia kerja multikultural, serta kontribusi positif pada masyarakat. Sebagai kesimpulan, implementasi event management berbasis nilai keislaman di SMK Bakti Karya Parigi berhasil menciptakan kerangka pedagogis inovatif. Pendekatan ini signifikan dalam meningkatkan pemahaman, toleransi, dan keterampilan interaksi lintas budaya siswa, sekaligus membentuk lingkungan sekolah yang harmonis dan berakhlak mulia. Event terbukti sebagai media transformatif dalam membentuk individu yang kompeten vokasional, berkesadaran multikultural tinggi, dan berkarakter Islami kuat, relevan untuk masyarakat majemuk dan dunia kerja global.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Multikultural; Management Event; Management Pendidikan; Nilai Keislaman; Sekolah Menengah Kejuruan
Subjects: General Management
General Management > Education, Research of Management
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam > Konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Irpan Ilmi ilmi
Date Deposited: 02 Jul 2025 07:47
Last Modified: 02 Jul 2025 07:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/110828

Actions (login required)

View Item View Item