Qolbi, Syifa Ul (2025) Penerapan metode wahdah dan kitabah terhadap kemampuan menghafal Al-Qur'an siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadis: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas VIII MTs Miftahul Falah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_Cover.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
2_Abstrak.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
4_DaftarIsi.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
5_Bab1.pdf Download (286kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (481kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (733kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_DaftarPustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa kelas VIII MTs Miftahul Falah Kota Bandung pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Hasil observasi menunjukan bahwa siswa membutuhkan waktu yang cukup lama dalam menghafal, melakukan kesalahan yang berulang dan bergantung pada bantuan guru saat menyetorkan hafalan, terdapat siswa yang belum bisa membaca Al-Qur’an dan hanya mampu menyetorkan setengah ayat Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penerapan metode wahdah dan kitabah pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VIII MTs Miftahul Falah Kota Bandung (2) Kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa kelas VIII pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis materi Q.S Al-Qasas ayat 77 di MTs Miftahul Falah Kota Bandung (3) Perbedaan kemampuan menghafal Al-Qur’an surat Al-Qasas ayat 77 antara siswa kelas eksperimen yang menggunakan metode wahdah dan kitabah dengan siswa kelas kontrol yang tidak menggunakan metode wahdah dan kitabah. Metode merupakan langkah-langkah sistematis untuk mencapai tujuan. Dalam hal ini, tujuan yang hendak dicapai adalah kemampuan menghafal Al-Qur’an. Metode wahdah dan kitabah diasumsikan dapat meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an karena mengkombinasikan antara pengulangan lisan dan penulisan ayat Al-Qur’an. Selain membaca secara lisan, aktivitas menulis juga akan membantu mempercepat terbentuknya pola bayangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen desain nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, tes, dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji n-gain, dan uji hipotesis dengan statistik non parametrik yaitu uji mann whittney Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Penerapan metode wahdah dan kitabah mendapat nilai 90 % dengan kategori baik. (2) Kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa kelas eksperimen pada materi Q.S Al-Qasas 77 mendapat nilai rata-rata sebesar 82,37 dengan kategori baik dan kelas kontrol sebesar 61,88 dengan kategori sedang. (3) Terdapat perbedaan kemampuan menghafal Al-Qur’an antara siswa kelas eksperimen yang menggunakan metode wahdah dan kitabah dengan siswa kelas kontrol yang tidak menggunakan metode tersebut. Dibuktikan dari hasil uji mann whittney U memperoleh nilai Asymp.Sig.(2 Tailed) sebesar <0,001 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 artinya hipotesis diterima dan dengan nilai N-Gain 56% artinya pembelajaran dengan metode wahdah dan kitabah cukup efektif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode wahdah dan kitabah; kemampuan menghafal Al-Qur’an; Al-Qur’an Hadis |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities General Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Syifa Ul Qolbi |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 03:53 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 03:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/110930 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |