Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantu website random name pickers untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) : Penelitian kuasi eksperimen di kelas VII MTs Miftahul Falah Kota Bandung

Mutiara, Winada (2025) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantu website random name pickers untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) : Penelitian kuasi eksperimen di kelas VII MTs Miftahul Falah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (259kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (969kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Winada Mutiara, 1212020273, 2025. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbantu Website Random Name Pickers Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) (Penelitian Kuasi Eksperimen di kelas VII MTs Miftahul Falah Kota Bandung). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan yang menemukan bahwa tingkat keaktifan belajar siswa pada pelajaran SKI di kelas VII MTs Miftahul Falah Kota Bandung masih rendah. Hal tersebut diduga diakibatkan karena metode pembelajaran yang kurang sesuai dengan siswa. Penggunaan metode ceramah masih mendominasi dalam pembelajaran SKI pada kelas VII di Madrasah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Proses penerapan model Pembelajaran NHT berbantu Website Random Name Pickers, (2) Keaktifan belajar siswa setelah penerapan model Pembelajaran NHT berbantu Website Random Name Pickers, dan (3) Efektivitas penerapan model pembelajaran NHT berbantu Website Random Name Pickers dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa model pembelajaran NHT berbantu Website Random Name Pickers merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, hipotesis yang diajukan adalah Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantu Website Random Name Pickers efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pelajaran SKI di kelas VII MTs Miftahul Falah Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Bentuk desain kuasi eksperimen yang digunakan adalah One-group posttest-only. Bentuk desain tersebut dilakukan pada kelompok eksperimen tanpa kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Angket, Observasi, Wawancara dan Studi dokumentasi. Analisis data kuantitatif yang melibatkan data numerik menggunakan pendekatan saintifik sedangkan analisis data kualitatif yang berfokus pada deskripsi menggunakan pendekatan logika. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantu Website Random Name Pickers berjalan dengan sangat baik dibuktikan dengan hasil observasi aktivitas guru yaitu 95% dan observasi aktivitas siswa sebesar 93% (2) Keaktifan belajar siswa setelah penerapan berada pada kategori tinggi, dibuktikan dengan perolehan skor rata – rata item angket dari seluruh indikator yakni sebesar 3,7. dan nilai rata-rata keseluruhan 38,91 yang termasuk kategori tinggi. (3) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantu Website Random Name Pickers terbukti efektif, memiliki efek yang besar, dibuktikan dengan hasil uji One Sample T-test dengan nilai T_hitung=9,008 yang lebih besar dari T_tabel=1,717 Hal ini menunjukkan bahwa Hipotesis diterima, serta didapatkan nilai Cohen’s d sebesar 1.895 yang termasuk kategori Large Effect Size.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran numbered head together (NHT) ; Sejarah Kebudayaan Islam (SKI); Keaktifan Belajar : Pendidikan Agama Islam
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Winada Mutiara
Date Deposited: 03 Jul 2025 06:44
Last Modified: 03 Jul 2025 06:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111061

Actions (login required)

View Item View Item