Mutiara, Winada (2025) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantu website random name pickers untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) : Penelitian kuasi eksperimen di kelas VII MTs Miftahul Falah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (259kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (573kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (969kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Winada Mutiara, 1212020273, 2025. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbantu Website Random Name Pickers Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) (Penelitian Kuasi Eksperimen di kelas VII MTs Miftahul Falah Kota Bandung). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan yang menemukan bahwa tingkat keaktifan belajar siswa pada pelajaran SKI di kelas VII MTs Miftahul Falah Kota Bandung masih rendah. Hal tersebut diduga diakibatkan karena metode pembelajaran yang kurang sesuai dengan siswa. Penggunaan metode ceramah masih mendominasi dalam pembelajaran SKI pada kelas VII di Madrasah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Proses penerapan model Pembelajaran NHT berbantu Website Random Name Pickers, (2) Keaktifan belajar siswa setelah penerapan model Pembelajaran NHT berbantu Website Random Name Pickers, dan (3) Efektivitas penerapan model pembelajaran NHT berbantu Website Random Name Pickers dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa model pembelajaran NHT berbantu Website Random Name Pickers merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, hipotesis yang diajukan adalah Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantu Website Random Name Pickers efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pelajaran SKI di kelas VII MTs Miftahul Falah Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Bentuk desain kuasi eksperimen yang digunakan adalah One-group posttest-only. Bentuk desain tersebut dilakukan pada kelompok eksperimen tanpa kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Angket, Observasi, Wawancara dan Studi dokumentasi. Analisis data kuantitatif yang melibatkan data numerik menggunakan pendekatan saintifik sedangkan analisis data kualitatif yang berfokus pada deskripsi menggunakan pendekatan logika. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantu Website Random Name Pickers berjalan dengan sangat baik dibuktikan dengan hasil observasi aktivitas guru yaitu 95% dan observasi aktivitas siswa sebesar 93% (2) Keaktifan belajar siswa setelah penerapan berada pada kategori tinggi, dibuktikan dengan perolehan skor rata – rata item angket dari seluruh indikator yakni sebesar 3,7. dan nilai rata-rata keseluruhan 38,91 yang termasuk kategori tinggi. (3) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantu Website Random Name Pickers terbukti efektif, memiliki efek yang besar, dibuktikan dengan hasil uji One Sample T-test dengan nilai T_hitung=9,008 yang lebih besar dari T_tabel=1,717 Hal ini menunjukkan bahwa Hipotesis diterima, serta didapatkan nilai Cohen’s d sebesar 1.895 yang termasuk kategori Large Effect Size.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran numbered head together (NHT) ; Sejarah Kebudayaan Islam (SKI); Keaktifan Belajar : Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Winada Mutiara |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 06:44 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 06:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111061 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |