Salsabilla, Vania Nayla (2025) Implementasi brand identity Kafe Bumi Upi: Studi deskriptif kualitatif pada Kafe Bumi Upi di Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (786kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (199kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (794kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (461kB) | Request a copy |
Abstract
Brand identity merupakan representasi dari keunikan, nilai, dan karakteristik sebuah merek yang ingin ditampilkan kepada konsumen. Kafe Bumi Upi membangun identitasnya melalui tagline ‘Rumah Tamah’ yang tercermin dalam suasana, pelayanan, dan berbagai program yang dijalankan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi brand identity pada Kafe Bumi Upi serta menganalisis bagaimana penerapan tersebut berkontribusi dalam pembentukan identitas merek dan diferensiasi terhadap pesaing di industri kuliner. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Brand Identity pada Kafe Bumi Upi dengan menggunakan konsep Brand Identity Prism yang dikembangkan oleh Jean-Noel Kapferer. Kafe Bumi Upi merupakan kafe di Garut yang dikenal dengan nuansa rumah jadul serta mengusung konsep yang mengedepankan kehangatan serta kedekatan dengan budaya. Pemahaman mengenai bagaimana identitas merek dibentuk dan dikomunikasikan kepada konsumen menjadi penting untuk melihat efektivitas strategi branding yang diterapkan oleh sebuah perusahaan. Konsep Brand Identity Prism terdiri dari enam elemen utama, yaitu physique, personality, culture, relationship, reflection, dan self-image yang digunakan sebagai dasar analisis dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan secara rinci dari hasil penelitiannya. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data melalui observasi partisipan pasif, dokumentasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa identitas merek Kafe Bumi Upi tercermin dalam enam elemen utama: 1) Physique yang mencerminkan tampilan fisik mencakup desain logo, bangunan dengan konsep rumah jadul dan menu makanan parasmanan; 2) Personality yang menggambarkan karakter Kafe Bumi Upi melalui tagline Ramah Tamah; 3) Culture yang mencerminkan budaya perusahaan didasarkan pada penggunaan Bahasa Sunda, kerja sama dengan UMKM dan CSR Kafe Bumi Upi dalam bidang pendidikan; 4) Relationship yang dibangun melalui pendekatan dengan costumer; 5) Reflection yang menargetkan semua kalangan yang disesuaikan dengan segmentasi Kafe Bumi Upi; 6) self-image yang menerapkan citra diri kepada para pelanggan sebagai bagian dari rumah. Temuan ini menunjukkan bahwa brand identity Kafe Bumi Upi telah diimplementasikan secara konsisten dan mendukung penciptaan citra positif di mata konsumen.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Brand Identity; Corporate Culture; Branding Strategy |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Nonverbal Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Vania Nayla Salsabilla |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 01:54 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 02:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111230 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |