Pengaruh harga dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian pada pelanggan Toserba Borma Cipadung

Widiastuti, Melia (2025) Pengaruh harga dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian pada pelanggan Toserba Borma Cipadung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIASI)
KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)

Abstract

Persaingan yang semakin ketat dalam industri ritel menuntut perusahaan untuk menerapkan strategi pemasaran yang tepat, terutama dalam hal penetapan harga dan kelengkapan produk. Toserba Borma Cipadung sebagai salah satu ritel lokal perlu memahami faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen agar dapat mempertahankan daya saingnya di tengah dominasi ritel modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga secara parsial terhadap keputusan pembelian pada pelanggan Toserba Borma Cipadung, Untuk mengetahui pengaruh kelengkapan produk secara parsial terhadap keputusan pembelian pada pelanggan Toserba Borma Cipadung, dan untuk mengetahui pengaruh harga dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian pada pelanggan Toserba Borma Cipadung. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif-verifikatif. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang merupakan pelanggan aktif Toserba Borma Cipadung. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, reliabilitas, regresi linier berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi dengan bantuan program SPSS versi 25. Pembahasan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-hitung sebesar 5,226 dan signifikansi 0,000. Kelengkapan produk juga berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai t-hitung sebesar 4,365 dan signifikansi 0,000. Secara simultan, harga dan kelengkapan produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai F-hitung sebesar 78,819 dan signifikansi 0,000. Adapun nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,619 menunjukkan bahwa 61,9% variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh kedua variabel tersebut. Dengan demikian, strategi harga yang kompetitif dan penyediaan produk yang lengkap terbukti secara nyata memengaruhi keputusan pembelian pelanggan, dan dapat menjadi acuan dalam perumusan strategi pemasaran yang lebih efektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Harga, Kelengkapan Produk; Keputusan Pembelian; Ritel, Borma Cipadung
Subjects: Administration of Economy
General Management > Sales Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Widiasuti Melia
Date Deposited: 07 Jul 2025 01:14
Last Modified: 07 Jul 2025 01:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111271

Actions (login required)

View Item View Item