Penerapan metode Role Playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak: Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas VIII di Mts Al-Misbah

Agustina, Rizza Azizah (2025) Penerapan metode Role Playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak: Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas VIII di Mts Al-Misbah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pernyataan_Rizza Azizah.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas VIII MTs Al-Misbah. Hal ini disebabkan karena masih menggunakan metode pembelajaran yang kurang bervariasi, seringkali hanya menyampaikan materi secara konvensional dan kurang melibatkan siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran sehingga proses pembelajaran cenderung monoton. Akibatnya, kemampuan belajar akidah akhlak siswa belum terukur secara optimal.Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui: 1).Untuk mengetahui penerapan metode role playing pada pembahasan materi menghindari akhlak tercela dalam pembelajaran Akidah Akhlak pada siswa kelas VIII di MTs Al-Misbah. 2).Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode role playing dalam pembahasan materi menghindari akhlak tercela pada siswa kelas VIII di MTs Al-Misbah. .Penelitian ini didasarkan pada kerangka berfikir bahwa metode role playing merupakan suatu model pembelajaran yang bertujuan untuk mengajak siswa terlibat langsung dalam pembelajaran, untuk menguasai bahan pembelajaran berdasarkan kreatifitas serta ekspresi siswa terhadap meluapkan imajinasinya terkait dengan bahan pembelajaran yang ia dalami.Maka hipotesis dalam penelitian ini adalah penerapan metode role playing berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan perhitungan statistik. Sampel yang diguakan adalah siswa kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas Kontrol. Hasil dari penelitian ini menunjukan: 1). Penerapan metode role playing pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas VIII MTs Al-Misbah berjalan dengan baik dengan rata-rata nilai observasi guru sebesar 85% dan siswa sebesar 89,83% yang berada pada kategori baik. 2). Terdapat perbedaan hasil belajar siswa anatar menggunakan metode role playing dan metode konvensional di MTs Al-Misbah nilai rata-rata pretest hasil belajar siswa sebesar 55,13 untuk kelas eksperimen dan 45,66 untuk kelas kontrol. Sedangkan nilai rata-rata posttest adalah 81,62 untuk kelas eksperimen dan 63,37 untuk kelas kontrol. Peningkatan yang diberikan oleh metode role playing terhadap hasil belajar siswa sebesar 60,4%, diukur dari peningkatan N-Gain kelas eksperimen. Hasil posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berdistribusi normal kemudian dianalisis menggunakan uji hipotesis komparatif dua sampel bebas atau independent sampel T-test. Uji-T menunjukan nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,000 ≤0.05. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti terdapat peningkatan penerapan metode role playing terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs Al-Misbah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode; Role Playing; Hasil belajar
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizza Azizah Agustina
Date Deposited: 08 Jul 2025 02:19
Last Modified: 09 Jul 2025 07:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111331

Actions (login required)

View Item View Item