Hidayat, Fahmi (2025) Penerapan model Problem Based Instruction untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam tentang menghormati orangtua: Penelitian tindakan kelas pada siswa VII SMP Plus Al-Aqsha Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (473kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (514kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (4MB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (997kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan siswa di kelas VII SMP Plus Al Aqsha yang ditandai dengan siswa yang cenderung pasif, tidak fokus dalam pembelajaran, tidak ada keterlibatan siswa di dalam proses pembelajaran sehingga berakibat pada minimnya interaksi dua arah (feedback) dari siswa dan guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pelaksanaan Model Problem Based Instruction (PBI) dalam pembelajaran PAI pada tentang menghormati orang tua di SMP Plus Al Aqsha, (2) keaktifan siswa dalam pelaksanaan model Problem Based Instruction (PBI) pada pembelajaran PAI pada tentang menghormati orang tua, dan (3) penerapan Model Problem Based Instruction (PBI) terhadap keaktifan siswa dalam pembelajaran PAI pada tentang menghormati orang tua. Kerangka berpikir dalam penelitian ini meliputi (1) observasi kondisi awal siswa (2) pelaksanaan pembelajaran menggunakan model Problem Based Instruction (PBI) (3) hasil yang diharapkan berupa peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode penelitian Classroom Action Research (CAR) atau penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis & Mc Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data mengggunakan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII G SMP Plus Al Aqsha yang berjumlah 29 siswa. Adapun teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Instruction. Pada pra siklus, hasil observasi menunjukan 47,3% siswa aktif dalam pembelajaran PAI. Pada siklus I terdapat 14 siswa dari 29 siswa dengan kategori aktif. Persentase keaktifan siswa pada siklus I mencapa 50.67%. Pada siklus II terdapat 21 siswa dari 29 siswa dengan kategori aktif. Persentase keaktifan belajar siswa pada siklus II mencapai 72%. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran Problem Based Instruction dapat meningkatkan keaktifan siswa di SMP Plus Al Aqsha.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | problem based instruction; keaktifan siswa; pendidikan agama Islam |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fahmi Hidayat Hidayat |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 04:32 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 04:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111716 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |