Mardiyyah, Marwah Siti (2025) Tanggapan siswa terhadap penerapan metode imla hubungannya dengan kemampuan baca tulis qur'an mereka: Penelitian korelasional pada siswa kelas VII SMPN 1 Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarsm.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (395kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (414kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di kelas VII SMPN 1 Kabupaten Garut, diperoleh informasi dari guru PAI bahwa tanggapan siswa terhadap penerapan metode Imla cukup bagus, namum pada kenyataanya masih ditemukan 19 % siswa yang kurang mampu memahami cara membaca dan menulis Al Qur’an sesuai dengan kaidah bacaan serta penulisan Al-Qur’an yang baik dan b6enar. Hal tersebut menunjukan adanya kesenjangan yang melahirkan permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Tanggapan siswa terhadap penerapan metode Imla, (2) Kemampuan baca tulis Qur’an siswa, dan (3) Hubungan antara tanggapan siswa terhadap penerapan metode Imla dengan kemampuan baca tulis Qur’an mereka. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa kemampuan baca tulis Qur’an siswa dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya tanggapan siswa terhadap penerapan metode Imla. Dengan demikian hipotesis yang diajukan adalah semakin positif tanggapan siswa terhadap penerapan metode Imla maka semakin meningkat juga kemampuan baca tulis Qur’an siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, tes, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan pendekatan logika untuk data kualitatif, dan pendekatan statistika untuk data kuantitatif dengan melakukan analisis parsial per-indikator serta analisis korelasional. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa : (1) Tanggapan siswa terhadap penerapan metode Imla (X) termasuk ke dalam kategori positif dengan skor 4,06 berada pada skala 3,51 – 4,50. (2) Kemampuan siswa dalam baca tulis Qur’an (Y) termasuk ke dalam kategori baik dengan skor interprestasi rata-rata sebesar 85,81 berada pada skala 83 – 92. (3) Hubungan antara tanggapan siswa terhadap penerapan metode Imla (X) dengan kemampuan baca tulis Qur’an mereka di kelas VII SMPN 1 Kabupaten Garut (Y) adalah : (a) Koefisien korelasinya termasuk ke dalam kategori korelasi sedang dengan total skor 0,59 berada pada skala 0,41 – 0,60. (b) Hipotesis diterima, hal tersebut berdasarkan pengujian hipotesis yaitu nilai t-hitung sebesar 5,256 > 1.67528 (t-tabel) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 Ha diterima, artinya hubungan antara variabel X dengan variabel Y positif. (c) Pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 35 % dan 5sisanya 65 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tanggapan Siswa ; Metode Imla ; Kemampuan Baca Tulis Qur’an |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Marwah M Wawah |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 03:34 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 03:34 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111902 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |