Strategi PT Pos Indonesia (Persero) dalam menjalin relasi dengan media online: Studi deskriptif kualitatif pada kantor pusat PT Pos Indonesia (Persero)

Rahmawati, Lusiana (2025) Strategi PT Pos Indonesia (Persero) dalam menjalin relasi dengan media online: Studi deskriptif kualitatif pada kantor pusat PT Pos Indonesia (Persero). Sarjana thesis, UIN Sunan Gung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Media online di era digital sekarang memiliki peran strategis dalam menyampaikan informasi secara cepat dan luas, sehingga membangun relasi yang baik dengan lembaga/wartawan media online dapat membantu PT Pos Indonesia (Persero) menjaga citra positif perusahaan di tengah persaingan yang semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi PT Pos Indonesia (Persero) dalam menjalin relasi dengan media online, dengan menggunakan konsep strategi media relations dari Iriantara (2019) yang meliputi tiga tahapan, yaitu pengelolaan relasi, pengembangan strategi relasi, dan pengembangan jaringan. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif melalui metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, dokumentasi dan observasi partisipasi pasif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Pos Indonesia (Persero) membangun relasi dengan media online melalui komunikasi formal berupa perkenalan dan pertukaran kartu nama, serta komunikasi informal melalui kegiatan informal gathering, seperti makan atau mengopi bersama, serta melakukan kunjungan langsung ke kantor media (media visit) dan interpersonal communications, seperti dengan menyampaikan ucapan atau apresiasi kepada pihak terkait dan menjalin komunikasi ringan melalui media sosial. Pengembangan strategi relasi dilakukan melalui aktivitas media relations seperti media gathering, press release, press conference, doorstop interview, press interview, dan special event. Pengembangan jaringan dengan media online dilakukan melalui aktivitas partisipasi dalam kegiatan organisasi media dan dukungan sponshorship terhadap profesi organisasi atau lembaga media. Strategi menjalin relasi dengan media online yang diterapkan oleh PT Pos Indonesia (Persero) dapat diselaraskan dengan konsep strategi media relations menurut Iriantara (2019). Pendekatan ini mendukung terbentuknya komunikasi yang berkesinambungan dan profesional antara perusahaan dan media online.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: strategi media relations; media online; public relations.
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Lusiana Lusi Rahmawati
Date Deposited: 11 Jul 2025 03:55
Last Modified: 11 Jul 2025 03:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111988

Actions (login required)

View Item View Item