Rahmawati, Lusiana (2025) Strategi PT Pos Indonesia (Persero) dalam menjalin relasi dengan media online: Studi deskriptif kualitatif pada kantor pusat PT Pos Indonesia (Persero). Sarjana thesis, UIN Sunan Gung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Media online di era digital sekarang memiliki peran strategis dalam menyampaikan informasi secara cepat dan luas, sehingga membangun relasi yang baik dengan lembaga/wartawan media online dapat membantu PT Pos Indonesia (Persero) menjaga citra positif perusahaan di tengah persaingan yang semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi PT Pos Indonesia (Persero) dalam menjalin relasi dengan media online, dengan menggunakan konsep strategi media relations dari Iriantara (2019) yang meliputi tiga tahapan, yaitu pengelolaan relasi, pengembangan strategi relasi, dan pengembangan jaringan. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif melalui metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, dokumentasi dan observasi partisipasi pasif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Pos Indonesia (Persero) membangun relasi dengan media online melalui komunikasi formal berupa perkenalan dan pertukaran kartu nama, serta komunikasi informal melalui kegiatan informal gathering, seperti makan atau mengopi bersama, serta melakukan kunjungan langsung ke kantor media (media visit) dan interpersonal communications, seperti dengan menyampaikan ucapan atau apresiasi kepada pihak terkait dan menjalin komunikasi ringan melalui media sosial. Pengembangan strategi relasi dilakukan melalui aktivitas media relations seperti media gathering, press release, press conference, doorstop interview, press interview, dan special event. Pengembangan jaringan dengan media online dilakukan melalui aktivitas partisipasi dalam kegiatan organisasi media dan dukungan sponshorship terhadap profesi organisasi atau lembaga media. Strategi menjalin relasi dengan media online yang diterapkan oleh PT Pos Indonesia (Persero) dapat diselaraskan dengan konsep strategi media relations menurut Iriantara (2019). Pendekatan ini mendukung terbentuknya komunikasi yang berkesinambungan dan profesional antara perusahaan dan media online.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi media relations; media online; public relations. |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media General Management > Planning and Strategic Management |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Lusiana Lusi Rahmawati |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 03:55 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 03:55 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111988 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |