Penerapan model Role Playing dalam meningkatkan Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran SKI materi ajar Meneladani Kesabaran Nabi Muhammad SAW dalam peristiwa Isra’ Miraj” : Penelitian tindakan kelas di kelas IV di MI Al-Misbah Cipadung Kota Bandung

Maslamah, Aar Khariatul (2015) Penerapan model Role Playing dalam meningkatkan Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran SKI materi ajar Meneladani Kesabaran Nabi Muhammad SAW dalam peristiwa Isra’ Miraj” : Penelitian tindakan kelas di kelas IV di MI Al-Misbah Cipadung Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini berawal dari realita di lapangan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran SKI di MI Al-Misbah Cipadung Kabupaten Bandung masih di bawah KKM, nilai rata-rata siswa kelas IV di MI Al-Misbah dari UAS semester satu adalah 59,6. Hal ini dikarenakan guru dalam menyampaikan materi SKI cenderung menerapkan model pembelajaran yang berpusat pada guru sebagai sumber informasi, sehingga siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran dan siswa kurang siap dalam mengikuti pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di kelas IV MI Al-Misbah materi ajar meneladani kesabaran Nabi Muhammad SAW dalam peristiwa isra’miraj sebelum menerapkan model pembelajaran Role Playing; proses pembelajaran SKI di kelas IV MI Al-Misbah pada materi ajar meneladani kesabaran Nabi Muhammad SAW dalam peristiwa isra’miraj dengan menerapkan model pembelajaran Role Playing; dan hasil belajar siswa di kelas IV MI Al-Misbah pada materi ajar meneladani kesabaran Nabi Muhammad SAW dalam peristiwa isra’miraj melalui model pembelajaran Role Playing pada setiap siklus. Model Role Playing dalam pembelajaran diyakini dapat membantu siswa tidak hanya mampu menyerap pengetahuan tetapi juga mampu menggunakan kemampuannya sehingga dapat memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari, maka peneliti mengambil tindakan dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model role playing. Sehingga hipotesis dari penelitian ini adalah penerapan model role playing diduga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 3 siklus dengan tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,tes, responden sebanyak 22 siswa, dan analisis data dengan statistik sederhana. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada pra siklus masih di bawah KKM yakni 52,59, hasil observasi aktivitas siswa dan guru selalu meningkat pada tiap siklus. Hal ini terlihat dari rata-rata aktivitas siswa yakni siklus I 63,92, siklus II 66,76, dan siklus III 82,10 Sedangkan aktivitas guru dalam proses pembelajaran berdasarkan hasil dari observasi mengalami peningkatan yakni siklus I 82,35, siklus II 88,26, dan siklus III 91,77. Kemudian berdasarkan analisis terhadap hasil tes evaluasi siklus I sampai siklus III, hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata siklus I 72, siklus II 79,54, dan siklus III 83,18. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran SKI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran; role playing; hasil belajar; Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: seuseu seuseu
Date Deposited: 24 Sep 2025 01:34
Last Modified: 24 Sep 2025 01:34
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112226

Actions (login required)

View Item View Item