Strategi komunikasi pemasaran pada radio Ardan: Studi deskriptif pada Humas PT. Radio Ardan Swaratama

Sukmana, Syintia Rachmawati (2025) Strategi komunikasi pemasaran pada radio Ardan: Studi deskriptif pada Humas PT. Radio Ardan Swaratama. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK Bebas Plagiasi)
3_skbebasplagiasi.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
4_daftarisi.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
5_bab1.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (Lampiran)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Radio Ardan sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang penyiaran dan berada dibawah naungan Ardan Group yang memiliki tujuan untuk menjadikan Radio Ardan sebagai sumber informasi yang dapat dipercaya dan dapat menjadikan tempat bagi generasi muda untuk menyalurkan bakat dan ketertarikannya pada bidang penyiaran melalui upaya atau kegiatan komunikasi pemasaran. Komunikasi pemasaran merupakan salah satu aspek penting dalam membangun kepercayaan publik terhadap perusahaan serta mampu untuk mempertahankan eksistensi perusahaan di era digitalisasi. Radio Ardan menerapkan strategi komunikasi pemasaran sebagai upaya untuk membangun branding perusahaan serta untuk memfasilitasi pendengar setia Radio Ardan, baik dalam kegiatan on air maupun kegiatan off air. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Radio Ardan dalam membangun branding perusahaan dan mempertahankan eksistensi perusahaan pada era digitalisasi saat ini. Landasan dalam penelitian ini yaitu konsep Integrated Marketing Communication (IMC) yang dikembangkan oleh Don Schultz. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme melalui pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi dengan jenis observasi nonpartisipan dan wawancara dengan jenis wawancara mendalam. Metode penelitian ini digunakan untuk memperoleh gambaran dan data faktual yang terjadi di lapangan yang berkaitan dengan strategi komunikasi pemasaran Radio Ardan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Radio Ardan sudah melaksanakan kegiatan Komunikasi Pemasaran, yaitu pertama periklanan dengan menetapkan target audiens, menetapkan tujuan periklanan, dan memilih media untuk menayangkan iklan. Kedua penjualan personal dengan melakukan penawaran langsung berupa paket bundling dan membuka boot event pada kegiatan tertentu. Ketiga penjualan promosi dengan membuat program menarik, seperti quiz, giveaway, dan promo. Keempat hubungan masyarakat atau publisitas dengan membuat kegiatan off air, mendukung kegiatan eksternal sebagai media partner, melakukan kegiatan publisitas, dan memilih topik berita untuk meningkatkan publisitas. Kelima pemasaran langsung menyediakan aplikasi chat yang berbasis online dan memberikan informasi secara langsung kepada pendengar Radio Ardan melalui aplikasi chat tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran; Eksistensi; Radio Ardan
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
General Management > General Publications of Marketing
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Syintia Rachmawati Sukmana
Date Deposited: 14 Jul 2025 07:24
Last Modified: 14 Jul 2025 07:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112263

Actions (login required)

View Item View Item