Yustika, Syafira Praba (2025) Proses persepsi generasi Z tentang konten Pop Culture pada akun Instagram @Ussfeeds sebagai sumber informasi : Studi deskriptif pada mahasiswa Jurnalistik UIN Bandung angkatan 2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (580kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (429kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan media sosial, khususnya Instagram, telah melahirkan cara baru dalam mengonsumsi informasi di kalangan Generasi Z. Akun Instagram @ussfeeds, sebagai media berbasis budaya populer, menarik perhatian karena mampu menyajikan informasi yang cepat, relevan, dan sesuai dengan gaya hidup digital. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada fenomena penggunaan konten budaya pop sebagai sarana komunikasi informasi yang efektif bagi Generasi Z, terutama mahasiswa Jurnalistik yang terbiasa mengakses informasi secara visual dan ringkas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana proses persepsi Generasi Z, khususnya mahasiswa Jurnalistik UIN Bandung angkatan 2021, tentang konten pop culture yang disajikan oleh akun Instagram @ussfeeds. Proses persepsi dalam penelitian ini dikaji melalui tiga tahapan utama yaitu sensasi, atensi, dan interpretasi. Penelitian ini menggunakan konsep persepsi dengan tiga elemen utama yaitu sensasi, atensi, dan interpretasi untuk menganalisis respon informan terhadap konten. Metode penelitian yang digunakan adalah studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara terhadap 8 informan yang merupakan mahasiswa Jurnalistik aktif pengguna Instagram dan pengikut akun @ussfeeds. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2021 merasakan sensasi terhibur, kedekatan emosional, dan relevansi tinggi terhadap konten pop culture pada akun Instagram @ussfeeds. Atensi mereka dipicu oleh daya tarik visual, gaya penyampaian yang ringan, serta kesesuaian topik dengan minat generasi Z. Mahasiswa memaknai akun ini tidak hanya sebagai sumber informasi yang ringan dan aktual, tetapi juga sebagai pemantik kesadaran sosial dan simbol identitas Gen Z. Konten @ussfeeds dinilai merepresentasikan gaya komunikasi generasi muda yang cepat, visual, dan relevan dengan kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | instagram ;pop culture; sensasi; atensi; interpretasi; persepsi; generasi z |
Subjects: | Journalism and Newspapers in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | Syafira Yustika |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 02:16 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 02:16 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112362 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |