Penggunaan media pembelajaran quizlet untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti: Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas VIII SMP Triyasa Kota Bandung

Alviani, Selvi (2025) Penggunaan media pembelajaran quizlet untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti: Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas VIII SMP Triyasa Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Disatu sisi guru sudah mengajarkan materi pembelajaran secara optimal. Mestinya kondisi ini menghasilkan hasil belajar siswa di atas KKM. Namun pada kenyataannya ditemukan nilai mata pelajaran PAI-BP beberapa siswa masih di bawah KKM. Melihat media yang digunakan gunakan masih manual, penulis ingin mencoba menerapkan media quizlet yang diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Penerapan media quizlet pada mata pelajaran PAI-BP materi menjadi generasi toleran di kelas VIII SMP Triyasa Kota Bandung. (2) Peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan media pembelajaran quizlet pada mata pelajaran PAI-BP materi menjadi generasi toleran di kelas VIII SMP Triyasa Kota Bandung. secara teoritis, salah satu hal yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah media pembelajaran. Lalu, quizlet sebagai salah satu media diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena didalam aplikasi ini memuat berbagai fitur yang menarik diantaranya seperti flashcard yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang sedang dipelajari. Oleh karena itu hipotesis yang diajukan adalah penggunaan media quizlet dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMP Triyasa Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, dokumentasi, dan lembar tes terhadap kegiatan siswa untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Adapun teknik analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji T dan Uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan media quizlet pada mata pelajaran PAI-BP materi menjadi generasi toleran di kelas VIII-D SMP Triyasa Kota Bandung terlaksana dengan ”baik sekali”. Hal ini berdasarkan hasil observasi guru dengan skor rata-rata yaitu sebesar 98,57%. (2) Peningkatan hasil belajar setelah mengunakan media quizlet pada mata pelajaran PAI-BP materi menjadi generasi toleran di kelas VIII SMP Triyasa Kota Bandung berada pada kategori ”sedang”. Hal ini berdasarkan hasil uji N-Gain yang diperoleh skor 0,56. Kemudian berdasarkan uji t dengan berbantu aplikasi SPSS, diperoleh nilai sig 0,001< 0,05. Hal itu menunjukkan bahwa hipotesis diterima, yakni terdapat peningkatan signifikan untuk hasil belajar kognitif siswa pada saat diberikan media quizlet.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; quizlet; media pembelajaran
Subjects: Education > Ethical Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: - Selvi Alviani
Date Deposited: 17 Jul 2025 02:40
Last Modified: 17 Jul 2025 02:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112741

Actions (login required)

View Item View Item