Agim, Fathon (2025) Pengaruh Gross Profit Margin (GPM) dan Earning Per Share (EPS) terhadap Stock Price pada perusahaan barang konsumen primer yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) 2014-2023. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (483kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (514kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (809kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (593kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini didasari pada gagasan bahwa Stock Price dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk kinerja keuangan perusahaan. Pada perusahaan sektor barang konsumen primer yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII), pengaruh indikator profitabilitas seperti Gross Profit Margin (GPM) dan Earning Per Share (EPS) terhadap harga saham masih belum sepenuhnya dipahami. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis hubungan antara Gross Profit Margin (GPM), Earning Per Share (EPS), dan Stock Price pada perusahaan-perusahaan tersebut. Kerangka teori pada penelitian ini merujuk pada teori utama yang menjadi landasan penelitian yaitu signalling theory. Siganlling Theory menggambarkan bahwa ketika nilai sebuah Gross Profit Margin (GPM) dalam keadaan naik maka akan meningkatkat Stock Price. Begitupun ketika nilai Earning Per Share (EPS) sebuah perusahaan terjadi peningkatan maka akan meyebabkan Stock Price meningkat. Metodelogi yang digunakan adalah analisis deskriptif verifikatif melalui metode kuantitatif dengan menggunakan data panel dan aplikasi data menggunakan Eviews v.12. Jenis sumber data sekunder runtun waktu (Time Series) dan data silang (cross-section) yang berumber dari laporan keuangan yang dipublikasi dan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data meliputi analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji model regresi data panel, penentuan model regresi data panel, pengujian hipotesis, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menemukan bahwa secara parsial, Gross Profit Margin (GPM) tidak berpengaruh terhadap Stock Price, ditunjukkan oleh nilai t-hitung sebesar 1.70959 > t-tabel 2,052 dengan signifikansi 0,0988 < 0,05, sehingga H₀ diterima dan Ha ditolak. Sementara itu, Earning Per Share (EPS) memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial, karena nilai t-hitung 2.880664 < 2,052 dan signifikansi 0,0077 > 0,05. Kemudian secara simultan Gross Profit Margin (GPM) dan Earning Per Share (EPS) bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Stock Price, dibuktikan oleh nilai F-statistic 0,001315 < 0,05 dan F hitung 8,566943 > F- tabel 3,354, dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,388225, yang berarti 38,82%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Barang Konsumen Primer; Gross Profit Margin (GPM); Earning Per Share (EPS); dan Stock Price |
Subjects: | Administration of Economy General Management General Management > Financial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah |
Depositing User: | Fathon Agim |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:34 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 01:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112885 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |