Implementasi teori belajar bermakna untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru PAI dalam pelatihan melalui media linktree: Penelitian kuasi eksperimen di KKG PAI Kecamatan Pangkalan Karawang

Suharna, Atang (2025) Implementasi teori belajar bermakna untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru PAI dalam pelatihan melalui media linktree: Penelitian kuasi eksperimen di KKG PAI Kecamatan Pangkalan Karawang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIASI)
SK BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text
LAMPIRAN TESIS_ATANG SUHARNA (2230040043).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan studi awal hasil pemetaan kompetensi (PK-Online) guru PAI yang diselenggarakan oleh Direkektur Jendral Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama se-Jawa Barat pada tanggal 5 Mei 2023. Hasil PK-Online ini KKG PAI Kecamatan Pangkalan memperoleh nilai rata-rata 44,92, nilai ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru PAI Di Kecamatan pangkalan masih lemah dibawah kriteria passing grade PK-Online GPAI yaitu 70 di setiap aspek. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis kondisi real kompetensi pedagogik guru PAI, 2) untuk menganalisis kondisi real kompetensi profesional guru PAI, 3) untuk menganalisis pelaksanaan implementasi teori belajar bermakna dalam pelatihan melalui media linktree, dan 4) untuk menganalisis perbedaan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional di kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Landasan teori kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional adalah Permendikbud Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Guru. Adapun teori belajar bermakna dilandaskan pada pendapat David Ausubel dalam buku Educational Psychology: A Cognitive View, Ausubel mengatakan:”The most important single factor influencing learning is what the learner already knows. Ascertain this and teach him accordingly”. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen menggunakan desain non-equivalent control group design dan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah pre-test dan post-test untuk mengukur kompetensi guru PAI. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, angket, test, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji perbedaan rata - rata ( independent samples t - test dan Mann - Whitney U test ). Hasil penelitian ini menunjukkan 1) kondisi real di kelompok eksperimen hasil pre-test kompetensi pedagogik guru PAI yang berjumlah 30 guru diperoleh nilai rata-rata 35, dan di kelompok kontrol hasil pre-test kompetensi pedagogik guru PAI yang berjumlah 30 guru diperoleh nilai rata-rata 50, 2) Kondisi real di kelompok eksperimen hasil pre-test kompetensi profesional guru PAI yang berjumlah 30 guru diperoleh nilai rata-rata 40, dan di kelompok kontrol hasil pre-test kompetensi profesional guru PAI yang berjumlah 30 guru diperoleh nilai rata-rata 55, 3) Implementasi teori belajar bermakna diikuti oleh 30 guru PAI. Penelitian ini juga berlangsung selama tiga bulan yang dilaksanakan secara sinkronus yaitu setiap bulan dan secara asinkronus yaitu belajar mandiri melalui media linktree, 4) Terdapat perbedaan antara kompetensi pedagogik dan profesional di kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan Uji Mann Whitney U Test diperoleh bahwa nilai mean rank untuk kelompok eksperimen (teori belajar bermakna) adalah 45.50, angka ini lebih besar dari pada kelompok kontrol (konvensional) yaitu 15.50 (45.50 > 15.50). selanjutnya berdasarkan output test statistik diperoleh nilai sig. 2-tailed adalah 0,000 nilai ini lebih kecil dari 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Teori Belajar Bermakna; Kompetensi Pedagogik; Kompetensi Profesional; linktree
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atang suharna Atang Suharna
Date Deposited: 21 Jul 2025 06:58
Last Modified: 22 Jul 2025 01:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112944

Actions (login required)

View Item View Item