Efektivitas bimbingan Islam berbasis Positive Discipline dalam meningkatkan tanggung jawab santri madrasah diniyah: Penelitian di MDTA Al-Mukhlisin Rancaekek

Yusuf, Anisa Septiani (2025) Efektivitas bimbingan Islam berbasis Positive Discipline dalam meningkatkan tanggung jawab santri madrasah diniyah: Penelitian di MDTA Al-Mukhlisin Rancaekek. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (471kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Manusia memiliki potensi fitrah yang perlu dikembangkan agar menjadi pribadi beriman, berakhlak, dan bertanggung jawab. Namun, fenomena rendahnya tanggung jawab menunjukkan perlunya upaya pembinaan yang lebih efektif. Oleh karena itu, layanan bimbingan Islam berbasis Positive discipline diharapkan mampu menginternalisasikan nilai tanggung jawab secara nyata dan menjadi solusi yang tepat untuk menanamkan kedisiplinan melalui pendekatan yang positif, bersifat jangka panjang, konsisten, penuh empati dan menghargai proses perkembangan anak. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan efektivitas penerapan pendekatan Positive discipline pada bimbingan Islam dalam meningkatkan tanggung jawab santri di MDTA Al-Mukhlisin Rancaekek. Penelitian ini bertumpu pada konsep pendidikan Islam juga teori psikologi individual Alfred Adler dan teori moral Kohlberg, karena menekankan pentingnya rasa memiliki dan kontribusi dalam perkembangan individu sehingga mendorong anak bertindak berdasarkan kesadaran moral dan tanggung jawab melalui pembiasaan positif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif pre-experiment design dengan model one-Group Pretest posttest. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi, penyebaran angket dengan skala likert, dan wawancara. Responden merupakan santri MDTA Al-Mukhlisin yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 19 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan Islam berbasis Positive discipline efektif dalam meningkatkan tanggung jawab santri di MDTA Al-Mukhlisin Rancaekek. Hal ini didasarkan pada adanya peningkatan signifikan pada hasil pretest dan posttest, sebagaimana dibuktikan melalui uji wilcoxon yang memperoleh nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,001 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan antara kondisi sebelum dan sesudah diberikan perlakuan (treatment). Kemudian diperkuat dengan hasil analisis N-Gain Score yang menunjukkan bahwa sebagian besar santri mengalami peningkatan pada kategori sedang dengan rata-rata peningkatan 68,91%. Dengan demikian, bimbingan Islam berbasis Positive discipline efektif dalam meningkatkan tanggung jawab santri madrasah diniyah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Islam; Positive Discipline; Tanggung Jawab; Santri Madrasah Diniyah
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Anisa Septiani Yusuf
Date Deposited: 22 Jul 2025 01:34
Last Modified: 22 Jul 2025 01:34
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113015

Actions (login required)

View Item View Item