Zainuri, Muhammad Dzaky (2025) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap jual beli Iphone Second dengan strategi Bait and switch: Studi pada toko Gad.Getyours di Kopo Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (1_cover)
1_cover.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text (2_abstrak)
2_abstrak.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (3_spplagiarisme)
3_spplagiarisme.pdf Download (601kB) | Preview |
|
|
Text (4_daftarisi)
4_daftarisi.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text (5_bab1)
5_bab1.pdf Download (370kB) | Preview |
|
![]() |
Text (6_bab2)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (556kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (7_bab3)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (8_bab4)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (9_bab5)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (10_daftarpustaka)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (11_lampiran)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, strategi pemasaran memegang peran penting dalam menarik perhatian konsumen dan meningkatkan penjualan. Perusahaan dan pelaku usaha terus berinovasi untuk menciptakan metode-metode yang efektif dalam memperkenalkan produk atau layanan mereka ke pasar. Secara umum, strategi pemasaran yang sukses harus mampu memberikan nilai tambah bagi konsumen, transparan dalam penyampaiannya, serta memperkuat kepercayaan antara penjual dan pembeli. Namun, di sisi lain, ada juga praktik-praktik pemasaran yang menimbulkan kontroversi, seperti bait and switch, yang meskipun efektif, sering dianggap tidak etis karena dapat menipu konsumen dan merusak integritas bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik jual beli iPhone second oleh gad.getyours di Kopo, Bandung, serta menganalisis strategi bait and switch yang digunakan dalam perspektif Hukum Ekonomi Syariah yang terfokus pada Konsep Pemasaran Islam, dengan menyoroti aspek kejujuran, transparansi, dan keadilan dalam aktivitas jual beli. Kerangka pemikiran penelitian ini berlandaskan hadits nabi yang menyatakan “barang siapa yang menipu maka dia bukan golongan kami dan prinsip syariah dan strategi pemasaran Islam, penelitian ini menganalisis penerapan strategi bait and switch yang mengandung unsur gharar, dharar, dan tadlis. Temuan penelitian ini juga menilai keabsahan akad jual beli dalam perspektif syariah, apakah memenuhi unsur sah atau tidak sah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang bertujuan untuk menyajikan gambaran serta penjelasan mengenai objek penelitian secara sistematis, faktual, dan akurat berdasarkan norma-norma syari’ah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, studi kepustakaan, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Praktik jual beli iPhone second yang dilakukan oleh gad.getyours melibatkan penerapan strategi bait and switch, yang tercermin dalam promosi produk iPhone dengan harga murah yang tidak tersedia di toko. Iklan yang menampilkan iPhone 11 dengan harga lebih rendah (Grade C) ternyata hanya digunakan untuk menarik perhatian konsumen, faktanya produk tersebut tidak pernah disuplai oleh pihak supplier. Konsumen yang datang dengan harapan membeli produk sesuai dengan iklan diarahkan untuk membeli produk dengan harga lebih tinggi (Grade A atau B). (2) Strategi bait and switch oleh gad.getyours mengandung unsur gharar dan tadlis yang bertentangan dengan prinsip syariah. Menurut jumhur ulama, jual beli tetap sah jika unsur akad terpenuhi. Namun, pendekatan maqāṣid syarī‘ah/ihtiyat menilai akad fasid bila kerelaan terbentuk dari promosi menyesatkan, sehingga jual beli tidak sah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bait and Swicth; Hukum Ekonomi Syariah; Jual Beli Iphone Second |
Subjects: | Occupational Ethics > Business Ethics Islam > Islamic Ethics, Practice Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam Private Law > Commercial Law |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah |
Depositing User: | Muhammad Dzaky Zainuri |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 00:49 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 00:49 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113150 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |